Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 24 September 2023, 11:15 WIB
Last Updated 2023-09-24T04:15:22Z
BasarnasBus terjun ke SungaiDairiPolisiTNI

Pencarian Korban Mobil Terjun ke Sungai di Hentikan, Pemkab Dairi Sampaikan Duka Kepada Keluarga

Tim SAR gabungan dan pemkab Dairi menyampaikan penghentian pencarian. (Foto/Istimewa).

DAIRI  - nduma.id 


Badan SAR Nasional (Basarnas) menghentikan pencarian terhadap Siti Sihombing, korban minibus PAS Transport terjun ke sungai di Kabupaten Dairi.


Pemberhentian pencarian. Itu sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP) Basarnas.


Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Camat Gunung Sitember Jonatan Ginting mengatakan pihaknya sudah mengunjungi keluarga korban dan menyampaikan bahwa pencarian akan dihentikan oleh Basarnas. 


"Hari ini kami Forkopimcam bersama dengan Basarnas dan pemerintah Desa Bukit Lau Kersik dan Desa Batu Gun-Gun mengunjungi rumah keluarga korban dan menyampaikan belasungkawa bahwa upaya pencarian korban atas nama Siti Sihombing dihentikan sesuai SOP Basarnas yaitu tujuh hari," ujar Jonatan. Sabtu (23/9/2023).


Upaya pencarian katanya sudah terus dilakukan oleh Basarnas Provinsi dibantu BPBD Kabupaten Dairi, unsur TNI/Polri, pemerintah desa, dan masyarakat. 


Namun, hanya berhasil menemukan jenazah korban atas nama Tumpak Aritonang pada hari ke-4, Rabu 20 September 2023.


Tepatnya di jembatan sungai Namo Sanggar, Desa Mangan Molih, Kecamatan Tanah Pinem, Dairi. 


"Kita sudah lakukan pencarian semaksimal mungkin, hingga Sabtu 22 September 2023, namun belum berhasil menemukan korban Siti Sihombing. Untuk itu, sesuai SOP Basarnas di mana waktu pencarian hanya tujuh hari kerja mulai dari kedatangan mereka pada hari Minggu sampai hari Sabtu. Maka pada hari Sabtu (22/9/2023) upaya pencarian dihentikan sesuai SOP Basarnas," tuturnya.


Selanjutnya, Jonatan juga menyampaikan permohonan maaf atas keterbatasan dalam melakukan upaya pencarian terhadap Siti Sihombing yang masih belum ditemukan. 


Jonatan juga menyampaikan ucapan belasungkawa dan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya.


Lebih lanjut, Jonatan juga menyampaikan salam dari Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. 


Dikatakannya, Bupati Eddy Berutu juga sangat perhatian terhadap kejadian ini dan sudah melakukan kunjungan ke lokasi kejadian dan ke rumah korban yang selamat bersama Dandim 0206/Dairi pada Kamis (21/9/2023) lalu.


"Bupati berpesan dan juga menyampaikan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya agar kiranya keluarga dapat sabar dan kuat. Semoga keberadaan ibu tercinta dapat segera ditemukan dan semoga arwah ayah tercinta diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa," katanya.


Pada pertemuan ini, pihak keluarga juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Dairi beserta seluruh jajaran yang sangat peduli dan mereka mengucapkan terima kasih. 


Penulis : Luhut

Editor : Rudi