KADIS LH

KADIS LH

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 16 September 2023, 20:11 WIB
Last Updated 2023-09-16T13:11:09Z
DairiPerkemahan Jumat Sabtu MingguPramuka

Pramuka Kwarcab Dairi Perjusami, Eddy Berutu Sebut Momentum Mewujudkan SDM Profesional

Eddy Berutu bersama anak-anak pramuka peserta Perjusami. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Siempat Nempu – nduma.id


Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Dairi menggelar Perkemahan Jumat, Sabtu Minggu (Perjusami) tingkat penggalang, penegak dan pandega.


Perjusami itu di gelar selama 3 hari, mulai 15 September 2023 sampai dengan 17 September 2023 esok.  


Kegiatan melibatkan 50 Sekolah Dasar (SD), 37 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dan 8 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) maupun Swasta berlangsung di Lapangan Merdeka Desa Buntu Raja, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi.


Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (Mabicab) Pramuka Kwartir Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan HUT Pramuka ke 62 Tahun 2023 ini menjadi momentum untuk mewujudkan SDM profesional dan berjiwa kewirausahaan yang berwawasan kebangsaan untuk mewujudkan semangat nasionalisme.


Eddy yang juga Bupati Dairi itu menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan Pemkab Dairi guna meningkatkan kualitas SDM.


Program Gampang Asyik dan Menyenangkan (Gasing) menjadi salah satu program unggulan bidang pendidikan hingga saat ini.


Eddy Berutu juga menegaskan, anggota Gerakan Pramuka dituntut untuk meningkatkan kualitas SDM yang lebih profesional dan berjiwa entrepreneur.


Selain itu dituntut pula memiliki wawasan kebangsaan untuk mewujudkan semangat nasionalisme.


"Peningkatan SDM dan wawasan kebangsaan mutlak dilakukan. Hal ini dikarenakan untuk mencermati kondisi SDM yang ada sekarang ini masih jauh dari yang diharapkan, Program Gasing menjadi unggulan kita saat ini dengan target 30 ribu. Melahirkan SDM cerdas, berwawasan kebangsaan dan berkarakter, itu tugas kita," tegasnya, Jumat malam (15/9/2023).


Di samping itu, katanya lagi, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara, terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik.


Maka persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.


“Bonus demografi di 2045 menjadi modal besar bagi bangsa kita menjadi bangsa yang besar. Tidak hanya soal kuantitas SDM-nya namun yang paling penting adalah kualitasnya. Sekali lagi, ini tugas kita bersama," katanya mengakhiri.


Pada peringatan tersebut  digelar kegiatan berkemah bersama seluruh anggota Pramuka tingkat penggalang dan penegak.


Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Eddy Berutu untuk mengunjungi tenda masing-masing peserta.


Hadir dalam kegiatan ini, Kadis Pendidikan JW.Purba, Camat Siempat Nempu Marhaban Kudadiri, Ketua Kwarcab Dairi Binuar Malau, Ketua TP PKK Romy Mariani Simarmata, Ketua Pramuka Peduli Dinitria Tabitha, dan para pengurus Pramuka Kwarcab Dairi.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi