Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 10 September 2023, 22:49 WIB
Last Updated 2023-09-11T15:52:02Z
KasadKebakaran Hutan dan lahanNasionalTNI

Terpantau 27 Titik Api, Kasad Turun Cek Karhutla di Sumsel

Kasad saat meninjau kesiapan peralatan Karhutla. (Foto/Istimewa)

Palembang – nduma.id


Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, mengecek langsung Kesiapan Gelar Pasukan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Sumsel.


Gelar pasukan itu bertempat di Base Ops Lanud SMH Palembang, Jumat 8 September 2023 lalu.


Dari siaran pers Pendam II/Sriwijaya diterima nduma.id dari pantauan Kasad di lapangan ada 27 titik, namun titik-titik api itu juga belum tentu menunjukkan titik kebakaran.


"Inilah yang kita minimalisir dan dicek langsung ke lapangan. Untuk peralatan juga saya cek cukup memadai. Memang ada hal-hal yang perlu ditingkatkan sesuai laporan ada titik-titik api yang sulit dijangkau karena memang sarana dan prasarananya tidak mendukung seperti tidak ada jalan dan lain-lain. oleh karenanya bisa menggunakan pesawat atau helikopter,"  kata Kasad.


Dalam penjelasannya kepada awak media Kasad mengatakan bahwa, kunjungannya ke wilayah Sumsel adalah untuk melihat sejauh mana kesiapan TNI, maupun Kepolisian termasuk unsur pendukung lainnya terkait Penanggulangan Karhutla.


"Kita sudah melaksanakan rapat dengan Gubernur, terkait langkah-langkah tindakan dan antisipasi apabila terjadi Karhutla," kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman.


Kasad juga mengapresiasi Satgas Karhutla di Sumsel karena cepat dan tanggap apabila terjadi kebakaran lahan.


Kasad menyampaikan, di wilayah Sumsel banyak pos-pos Satgas Karhutla Gabungan yang tersebar di daerah daerah yang rawan Karhutla, sehingga ketika ada titik api muncul langsung ke lokasi.


Penanganan gambut juga cukup baik, sampai dipadamkan titik terdalam dan tidak muncul lagi.


"Harapannya ke depan tidak sampai seperti tahun 2015 ataupun 2018 yang cukup besar. Sinergitas TNI, Polri dan Stakeholder yang ada luar biasa, termasuk masyarakat," pungkas Kasad.


Penulis : Raden

Editor : Rudi