Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 15 September 2023, 15:45 WIB
Last Updated 2023-09-15T08:45:12Z
Pakpak BharatPenanggulangan Kemiskinan

Tim Unit Advokasi Kebijakan dan Kemitraan TNP2K Pemutakhiran Data di Pakpak Bharat

Jalan berutu menyematkan ulos kepada tim TNP2K Bambang Sudarsono. (Foto/Istimewa). 

Pakpak Bharat -nduma.id


Bappelitbangda Pakpak Bharat bersama Unit Advokasi Kebijakan dan Kemitraan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melaksanakan Pemutakhiran Data.


Pemutakhiran data itu di gelar di Bale Sada Arih, Kecamatan Salak, Kamis 14 September 2023.


Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Jalan Berutu, mewakili Bupati Pakpak Bharat, meng apresiasi tinggi bagi penanggulang Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Pakpak Bharat.


“Selamat datang Pak Bambang dari TNP2K, terimakasih telah hadir dan membantu kami dalam permasalahan P3KE,” kata Jalan Berutu.


Dia berharap program ini berjalan lancar, penanggulangan kemiskinan di Pakpak Bharat tercapai.


“Penghapusan Kemiskinan secara ekstrim secara umum dari Indonesia dan lokusnya saat ini berada di Kabupaten Pakpak Bharat,” tandasnya.  


TNP2K merupakan lembaga yang dibentuk sebagai wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan di tingkat pusat untuk melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrim.


Dimana penghapusan kemiskinan ekstrim merupakan tujuan pertama dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang harus dicapai pada tahun 2030.


Tim Unit Advokasi Kebijakan dan Kemitraan TNP2K, Bambang Sudarsono menjelaskan, Kemiskinan Ekstrem diukur menggunakan “absolute poverty measure” Bank Dunia yang konsisten antar negara dan antar waktu.


"Bapak Presiden menyampaikan arahan untuk melakukan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem atau 1,9 $PPP pada tahun 2024, lebih cepat 6 tahun dari target SDGs", jelas Bambang Sudarsono.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi