Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 04 September 2023, 16:50 WIB
Last Updated 2023-09-04T09:50:39Z
Pembangunan GerejaSiantar

Wali Kota Siantar Peletakan Batu Pertama Gedung Gereja HKBP Pardamean

Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani peletakan batu pertama. (Foto/Istimewa)

Siantar - nduma.id


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA bersama Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Maurixon Silitonga MTh, panitia pembangunan, serta unsur lainnya, melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Gereja HKBP Pardamean Resort Pardamean Kota Pematang Siantar.


Pembangunan itu berlokasi di Jalan Farel Pasaribu, Kelurahan Pardamean, Kecamatan Siantar Marihat, Minggu 3 September 2023.


Sebelum peletakan batu pertama pembangunan Gereja HKBP Pardamean, digelar Pesta Gotilon.


"Dengan memohon petunjuk Tuhan Yang Maha Kuasa, semoga pembangunan gereja ini dapat berjalan lancar tanpa ada halangan," kata dr Susanti saat meletakkan batu pertama pembangunan gereja HKBP Pardamean.


dr Susanti mengapresiasi panitia yang dengan tulus dan ikhlas serta penuh dedikasi melaksanakan pembangunan HKBP Pardamean.


"Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan tamu khusus, yakni Panitia Pembangunan HKBP Pardamean. Setelah pembicaraan sekitar satu jam, begitu disampaikan saya harus hadir, saya sampaikan saya siap," sebut dr Susanti.


Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, dr Susanti mengaku bersuka cita, bersyukur, dan berbahagia bisa hadir dalam acara tersebut. 


"Tentunya, peletakan batu pertama ini merupakan awal yang sangat penting bagi kita semua, khususnya bagi jemaat HKBP Pardamean," tutur dr Susanti.


Pembangunan rumah ibadah ini, lanjut dr Susanti, membutuhkan kebersamaan dan kesepakatan.


Ia juga mengajak seluruh jemaat HKBP Pardamean untuk tidak khawatir dengan proses pembangunan rumah ibadah tersebut.


"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kita bisa bekerja sama dan bergotong royong dengan kesamaan visi dan misi demi  meningkatkan keimanan kita untuk lebih baik. Saya rasa tidak ada mustahil bagi Tuhan," tukasnya. 


dr Susanti berharap pembangunan gereja  tersebut, bukan hanya untuk tempat ibadah, melainkan menjadi tempat kegiatan sosial, pendidikan, dan pelayanan bagi jemaat HKBP Pardamean dan masyarakat sekitarnya.


Pada kesempatan ini, dr Susanti mengajak HKBP untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam menjaga dan merawat semangat toleransi serta keharmonisan di tengah-tengah keberagaman masyarakat Kota Pematang Siantar.


"Sehingga Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas dapat segera terwujud," ujarnya.


Terkait peletakan batu pertama pembangunan gereja, dr Susanti sepakat pembangunan fisik gereja harus sejalan dengan pembangunan iman jemaat.


"Semoga kita tetap semangat dan bersatu untuk menyelesaikan pembangunan rumah ibadah ini," harapnya.


Sementara itu, Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Maurixon Silitonga MTh dalam sambutannya menyampaikan, gereja HKBP Pardamean memiliki jemaat yang terdiri dari 300 lebih kepala keluarga (KK), atau sekitar 1.000 orang.


Ia mengaku sepakat dengan pernyataan dr Susanti untuk merawat keberagaman dan toleransi yang ada di Kota Pematang Siantar. 


"Jangan bosan- bosannya Ibu Wali Kota mengunjungi kami, gereja HKBP dan gereja lainnya," sebut Pdt Maurixon.


Usai sambutan, dr Susanti diberi Ulos oleh Pdt Maurixon. Dikatakan Pdt Maurixon,  pemberian Ulos bermakna agar selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.


Usai diberi ulos, dr Susanti menyampaikan bantuan untuk pembangunan gereja tersebut.


"Kami berikan bantuan untuk pembangunan gereja sebesar Rp10 juta, lain dari proposal yang sudah disampaikan," sebut dr Susanti.


Hadir pada kegiatan ini, Ketua Umum Panitia Jubileum 50 Tahun HKBP Pardamean Resort Pardamean St Drs K Lumban Tungkup MSi, Pendeta Resort HKBP Pardamean Pdt Jonni P Simanjuntak STh, Kapolres Pematang Siantar yang diwakili Aiptu B Panjaitan, para Staf Ahli, pimpinan OPD, dan camat.


Penulis: Ari

Editor : Rudi