Pertanian

Pertanian

Pendidikan

Pendidikan

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 28 Oktober 2023, 11:09 WIB
Last Updated 2023-10-28T04:21:42Z
budayaDairiJambore PemudaSumpah PemudaTNI

Jambore Pemuda dan Budaya, Membangun Karakter Pemuda yang Maju di Kabupaten Dairi

Dandim 0206 Dairi memberikan materi kepada peserta. (Foto/Rudi).

DAIRI, Silahisabungan – nduma.id


Kodim 0206 Dairi menggelar Jambore Pemuda dan Budaya Kabupaten Dairi.


Acara itu dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke 95 pada 28 Oktober 2023.


Dai acara itu Dandim 0206 Dairi Letkol Goklas P Silaban mengatakan, pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki potensi besar dalam pembangunan.


Karena itu Kodim 0206 Dairi menyadari hal ini dan menggelar Jambore Pemuda dan Budaya yang diharapkan mampu membentuk karakter pemuda Dairi yang berkarakter kuat serta siap membangun kotanya sendiri.


Dandim juga mengajak semua komponen masyarakat untuk meningkatkan kualitas pemuda dalam upaya menciptakan bangsa yang hebat.


"Kita berharap pemuda Dairi punya karakter dan siap untuk membangun kotanya sendiri," kata Dandim kepada wartawan, Jumat (27/10/2023).


Menurutya ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, dan daya saing tinggi.


Untuk mencapai hal tersebut, katanya perlu adanya revolusi mental yang mampu mewujudkan pemuda yang tangguh dan siap menghadapi tantangan global,


Pemuda yang maju di jelaskannya adalah pemuda yang kreatif, inovatif, berpikir positif, dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam berbagai persoalan dan persaingan global.


“Selain itu, pemuda juga harus mampu menjadi perekat persatuan bangsa dan berorientasi pada kejayaan bangsa demi keunggulan serta kegemilangan masa depan,” tandasnya.


Jambore Pemuda dan Budaya itu membawa tema  "TNI Patriot NKRI Manunggal Bersama Pemuda dan Rakyat Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Emas", dengan tema ini diharapkan para pemuda dapat memainkan peran secara optimal, terutama menjelang pesta demokrasi dengan menciptakan sinergitas antara TNI-Polri dan pemuda dalam menciptakan situasi kondusif dan damai.


Dandim Letkol Inf Goklas P Silaban mengajak seluruh komponen masyarakat, tokoh pemuda, dan pemerintah Kabupaten Dairi untuk bersama-sama bangkit dan membangun jati diri bangsa, meningkatkan kualitas sumber daya manusia para pemuda, serta memajukan Kabupaten Dairi tercinta.


 “Semoga melalui kegiatan Jambore Pemuda dan Budaya ini, para pemuda mampu menjadi pribadi yang lebih baik, memiliki pola pikir yang lebih maju, dan menjadi motor penggerak untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan. Ayo para pemuda, tunjukkan semangatmu dalam memajukan diri dan bangsamu,” tandas Dandim 0206 Dairi Letkol Goklas P Silaban.


Wakil Bupati Kabupaten Dairi, Jimmy Andrea Lukita Sihombing, mengapresiasi kegiatan positif ini dan berharap kegiatan serupa dapat menjadi contoh agenda Pemda Dairi di masa yang akan datang.


Event itu di ikuti 130 orang perwakilan pemuda dari berbagai elemen dan pelajar SMA Sederajat SE Kabupaten Dairi.


Di hadiri Kapolres Dairi, Wakil Bupati Dairi  Jimmy Andrea Lukita Sihombing  , Tokoh perempuan Delvi Madina Ujung dan masyarakat serta tokoh adat Silahisabungan.


Jambore Pemuda dan Budaya Kabupaten Dairi digelar selama 3 hari, mulai Jumat 27 Oktober 2023 sampai Minggu 29 Oktober 2023.


Penulis : Rudi

Editor : Son