Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 22 November 2023, 11:17 WIB
Last Updated 2023-11-22T04:18:15Z
DairiKesehatanPuskesmasUsaid

6 Puskesmas di Dairi Terima Pendampingan USAID

Pemkab Dairi menerima utusan USAID. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi menerima audiensi dari United States Agency for International Development (USAID) dalam usaha untuk membangun sistem pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan cepat di daerah tersebut, Selasa 21 November 2023.


Melalui program Momentum Indonesia, USAID akan memberikan bantuan teknis pelayanan primer kepada 6 puskesmas yang telah terpilih.


Puskesmas-puskesmas ini yang akan mendapatkan integrasi layanan primer adalah Tigalingga, Sitinjo, Berampu, Hutarakyat, Sumbul, dan Parongil.


Pemerintah Kabupaten Dairi menyambut baik program ini dan menyatakan dukungannya untuk segala usaha yang dilakukan dalam mendukung pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 


Selain itu, Pemkab Dairi juga telah membangun sarana dan prasarana pendukung untuk beberapa rumah sakit, termasuk ruang hemodilisa di RSUD Sidikalang untuk pasien yang membutuhkan cuci darah agar tidak perlu lagi pergi ke luar daerah.


USAID sendiri adalah mitra pemerintah yang fokus terhadap transformasi sistem pelayanan kesehatan melalui integrasi layanan primer. 


Karena mengubah suatu sistem menjadi lebih efektif memang sangat berat, dilakukan secara bersama akan dengan mudah dicapai. 


“Mengubah suatu sistem untuk menjadi lebih efektif memang sangat berat, namun jika dilakukan secara bersama akan dapat dengan mudah dicapai," kata Bupati melalui Sekretaris Daerah. 


Tujuan itu di nilai sangat mulia dan patut diapresiasi.


Alhasil, program integrasi layanan primer dari USAID di Dairi akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan mengurangi angka kematian ibu dan anak. 


"Puskesmas juga sudah berbenah dalam hal pelayanan kesehatan yang didukung dengan hadirnya sarana dan prasarana yang memadai,” ujarnya. 


Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak, Dairi berharap terdapat inovasi pelayanan kesehatan yang semakin baik, sehingga pelayanan kesehatan akan semakin dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat.


Penulis : Rudi

Editor : Son