Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 13 November 2023, 14:55 WIB
Last Updated 2023-11-13T07:59:10Z
Aquabike Jetski World Championship 2023BasarnasDanau TobaMedan

Basarnas Siaga Heli SAR di Balap Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba

Layout arena Balap Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba. (Foto/Layout).

Medan – nduma.id


Direktur Kesiapsiagaan Basarnas, Agus Haryono, S.S., M.B.A., memastikan kesiapsiagaan pihaknya dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Balap Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba.


Selama penyelenggaraan event, Basarnas akan menyiagakan Heli SAR sebagai alat dukungan pengamanan dan kesiapan menghadapi bencana.


Heli SAR Basarnas akan digunakan untuk layanan emergency medis udara apabila terjadi kecelakaan pada pembalap selama event.


Sabtu, 11 November 202, Agus Haryono melakukan langsung pengecekan dan survei lokasi balap serta helipad yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut.


Survei dan pengecekan lokasi balap dilakukan di 4 kabupaten sekitar Danau Toba, yaitu Kabupaten Samosir, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Toba.


" Selain itu, survey dan pengecekan ini juga  untuk memastikan lokasi balapan yang dilaksanakan di 4 kabupaten sehingga kami bisa mengetahui pemetaan penempatan alut air yang nantinya digunakan untuk mendukung penyelenggaraan balapan tersebut sekaligus menempatkan personel yang melaksanakan siaga SAR khusus," kata Agus.


Dikatakan, pengecekan dimulai di Pangururan Samosir, lokasi dimana Presiden RI dijadwalkan akan menyaksikan balapan tersebut.


Kemudian dilanjutkan ke Silalahi Kabupaten Dairi, Tongging Kabupaten Karo, dan terakhir di Balige Kabupaten Toba.


Selama survei dan pengecekan, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas didampingi oleh Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono, S.E., M.M. serta Dansatrol Lantamal I Belawan dan tim dari Injourney.


Tujuan dari pengecekan dan survei itu katanya untuk memastikan kesiapan dan pemetaan penempatan alat dan personel SAR pada saat penyelenggaraan balapan berlangsung.


Selain itu, pengecekan dan survei ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kesiapsiagaan bencana selama penyelenggaraan balapan.


Sebelum bertolak ke Danau Toba untuk melakukan pengecekan, Agus Haryono memimpin secara langsung rapat koordinasi lintas sektoral yang terlibat di bidang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor SAR Medan pada Jumat 10 November 2023 lalu.


Sebelumnya, berdasarkan Keputusan Kemenko Marvest No.154 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Kejuaraan Balap Air Internasional Aquabike 2023-2027, Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas ditunjuk sebagai Ketua Bidang Keselamatan dan Kesiapsiagaan Bencana selama penyelenggaraan berlangsung.


Penulis : Rudi

Editor : Son