Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 24 November 2023, 18:29 WIB
Last Updated 2023-11-24T11:29:32Z
Hari Kesehatan NasionalKesehatanSimalungun

HKN di Simalungun Hikmat, Radiapoh Ingatkan ASN Disiplin dan Jaga Kesehatan

Bupati Simalungun melepas balon ke udara. (Foto/Ari).

SIMALUNGUN - nduma.id


Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun menggelar Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)  ke - 59 tahun 2023 tingkat kabupaten Simalungun.


Giat itu di gelar di lapangan bola Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Jalan H. Ulakma Sinaga, Jumat 24 November 2023 dengan Tema "Transformasi kesehatan untuk Indonesia maju" 


Salah satu tujuan kegiatan HKN tersebut adalah untuk memperluas pemahaman masyarakat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, serta memperkenalkan gaya hidup sehat dan menghentikan kebiasaan merokok. 


Hal ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.


Selain itu, tujuan lain dari kegiatan HKN adalah untuk meningkatkan kerjasama di bidang kesehatan di Kabupaten Simalungun. 


Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, mengatakan peringatan HKN ke - 59 ini merupakan tonggak awal  kita untuk membina tubuh yang sehat dan rohani yang sehat.


"Seperti istilah orang pintar yang mengatakan Mens sana in corpore sano," kata Radiapoh Hasiholan.


Bupati Simalungun itu juga mengingatkan kepada para ASN di lingkungan pemerintah Simalungun agar tetap disiplin.


Dia menyampaikan kedisiplinan waktu dalam bekerja juga merupakan embrio awal menjaga kesehatan.


"Karena seperti kebiasaan kita masuk kantor jam 8 pagi maka kita akan mempersiapkan diri untuk bangun tidur lebih awal, mungkin bangun tidur harus Jam 5 pagi karena sebelum berangkat ke kantor pastinya terlebih dahulu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga,  seperti memasak, mencuci, mempersiapkan keberangkatan anak ke sekolah dan lain sebagainya," terang Radiapoh.


"Maka ketika kita bangun tidur lebih awal maka kita akan menghirup udara segar yang mempengaruhi kesehatan paru paru," lanjut Radiapoh.


Bupati Simalungun itu juga memberikan perbandingan antara kebiasaan orang yang rutin bangun tidur pagi dengan orang yang tidak bangun pagi karena sering begadang.


"Coba perhatikan dilingkungan sekitar Kita orang yang suka begadang, pasti sulit untuk bangun pagi sehingga kesehatannya kurang baik" papar Radiapoh dalam kesempatan itu.


Diakhir kata sambutannya, bupati simalungun itu mengingatkan kembali supaya masyarakat Simalungun disiplin menggunakan waktu, baik waktu dalam bekerja maupun dalam menjalankan aktivitas lainnya.


"Semoga dengan kesehatan masyarakat Simalungun bisa lebih maju dan lebih sejahtera kedepannya" tutup Radiapoh dalam sambutannya.


Usai menyampaikan kata sambutan, kemudian Radiapoh Hasiholan Sinaga, bersama Wakil Bupati Simalungun, Sekda Simalungun, ketua penggerak PKK Simalungun dan ketua DPRD Simalungun melakukan pelepasan balon perayaan HKN ke udara secara bersamaan.


Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani mengatakan momentum peringatan HKN Ke-59 ini mengingatkan pentingnya membangun manusia yang sehat di negara Indonesia, terkhusus di kabupaten Simalungun.


"Pemkab udah melakukan berbagai upaya terbaik dalam penanganan kesehatan di Simalungun" kata timbul jaya saat diwawancarai nduma.id dalam kegiatan HKN itu.


"Seperti pada masa pandemi covid 19 kemarin kita dapat lalui dengan baik, dan saat ini kita fokus penanganan sunting kemudian penanganan penanganan kesehatan melalui puskesmas maupun Rumah sakit yang ada di kabupaten Simalungun," ucap Timbul Jaya.


Wakil Bupati Kabupaten Simalungun, H Zonny Waldi mengatakan Pemkab Simalungun konsisten tangani Stunting.


"Dalam penanganan masalah stunting pemkab Simalungun konsisten, yang semula di tahun 2021/2022 angka stunting Simalungun berada di angka 28% kemudian Pemkab kerja keras sehingga tahun 2022 berada di angka 10,4% " kata Wabup Simalungun itu  diwawancarai nduma.id


Dalam kesempatan itu kepala dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Simalungun Edwin Tony SM Simanjuntak,  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Simalungun yang memperlihatkan kesehatan, khususnya masyarakat kurang mampu.


"Dua tahun silam 15.000 warga yang kurang mampu dinaikkan menjadi angka 80.000 untuk BPJS yang ditanggung pemerintah, Kami juga mengharapkan tahun kedepannya dapat bertambah," ucap kadis kesehatan Kabupaten Simalungun.


Penyelenggaraan HKN dirangkai dengan berbagai kegiatan, diantaranya adalah senam bersama, Perlombaan yel yel tingkat puskesmas dan RSUD dari 46 puskesmas dan 3 RSUD, Lomba Senam Polanis tingkat puskesmas dari 46 puskesmas.


Penulis: Ari

Editor : Rudi