Pertanian

Pertanian

Pendidikan

Pendidikan

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 02 November 2023, 12:31 WIB
Last Updated 2023-11-03T05:46:11Z
DairiHarmoni KeberagamanKirab BudayaPesta Budaya Njuah-njuah

Pesta Budaya Njuah-njuah 2023, wujud Harmoni Keberagaman di Masyarakat Dairi

Bupati Dairi menyapa peserta Kirab budaya. (Foto/Istimewa).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pesta Budaya Njuah-njuah tahun 2023 berhasil memeriahkan suasana di Kabupaten Dairi, Kamis 2 November 2023.

 

Ribuan masyarakat yang turut serta merayakan perayaan budaya ini.


Kirab budaya di lepas Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, dari depan Kantor Bupati Dairi di Sidikalang, melibatkan berbagai suku di Kabupaten Dairi, menunjukkan harmoni keberagaman masyarakat Dairi.


Kirab budaya ini menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya, mulai dari Kuda Kepang oleh Ikatan Keluarga Jawa (IKJ), Tari Piring oleh Bundo Kanduang Masyarakat Minang, hingga Tari Saudati oleh DPD Aceh Sepakat Dairi.


"Masyarakat harus menjaga betul-betul budaya warisan leluhur kita, dengan menunjukkan kemajemukan, rukun dan mampu hidup berdampingan," kata Eddy.


Perayaan ini juga melibatkan peserta dari berbagai sekolah, seperti MAN Dairi yang menampilkan marching band dan pakaian adat dari berbagai suku, serta SMA Negeri 2 Sidikalang yang membawakan Tari Horbo Paung, tari adat Toba.


Pesta Budaya Njuah-njuah 2023 juga menjadi ajang kreativitas bagi para pelajar, seperti Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Sidikalang yang menampilkan tarian wonderland indonesia dan atraksi Moccak Pakpak, serta SMK Negeri 1 Sidikalang yang menampilkan fashion show dan Tari Kombinasi Pakpak.


Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh berbagai organisasi seperti Gema Sicike-cike, kontingen dari 15 Kecamatan se-Kabupaten Dairi, OPD dan Dinas se-Kabupaten Dairi, Persatuan Warga Sunda (PWS), Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) Silima Suak, dan banyak lagi.


Pesta Budaya Njuah-njuah 2023 ini mencerminkan visi Kabupaten Dairi dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dalam harmoni keberagaman.


Perayaan ini menjadi bukti nyata bagaimana semangat kebersamaan dan toleransi antar suku bisa mempererat tali persaudaraan di tengah masyarakat Dairi.


Semoga, ajang ini menjadi awal yang baik untuk terus melestarikan keberagaman budaya dan meningkatkan kehidupan masyarakat Dairi.


Penulis : Luhut

Editor : Rudi