Pertanian

Pertanian

Pendidikan

Pendidikan

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 10 November 2023, 06:46 WIB
Last Updated 2023-11-16T23:48:52Z
KaroKemenkominfoSmart City

Program Kota Cerdas Tahap II di Karo, Pemerintah Komit Wujudkan Smart City

Mulianta Tarigan memaparkan Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas. (Foto/Istimewa).

KARO. Kabanjahe – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Karo berkomitmen untuk mewujudkan Smart City.


Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karo, Mulianta Tarigan, S.Sos, saat mengikuti Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap II yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rabu, 8 November 2023.


Evaluasi ini ditujukan untuk menilai hasil implementasi program Smart City di 191 Kota dan Kabupaten yang terpilih pada periode 2017-2022.


Melalui evaluasi ini, diharapkan masing-masing 191 daerah tersebut melaporkan hasil monitoring dan evaluasi implementasi program kota cerdas.


Dewan Smart City Kabupaten Karo melaporkan bahwa sekitar 51%-71% perangkat daerah aktif terlibat dalam pelaksanaan Smart City, memberikan pelayanan yang lebih murah, mudah, cepat, dan berkualitas kepada masyarakat.


Mulianta Tarigan juga menyampaikan beberapa capaian 6 Pilar Smart City di Kabupaten Karo, seperti pilar Smart Governance yang menunjukkan WTP empat kali berturut-turut.


Tiga inovasi dari Kabupaten Karo, yaitu Kentang Bertingkat, SP4N LAPOR, dan Karo Erlajar, telah berjalan dan terus dikembangkan.


“Capaian 6 Pilar Smart City di Kabupaten Karo diantaranya, pada pilar smart Governance menunjukkan capaian yang sangat baik yaitu WTP 4 kali tahun berturut-turut. Selanjutnya 3 inovasi dari Kabupaten Karo yakni Kentang Bertingkat, SP4N LAPOR dan Karo Erlajar juga terus berjalan hingga saat ini,” kata Mulianta Tarigan.


Para assesor yang terdiri dari Wikan Danar Sunindyo, Hafni Septina Nur Endah, dan Nunung Dwi R. memberikan apresiasi atas presentasi yang disampaikan oleh Dewan Smart City Kabupaten Karo dan berharap perbaikan terus dilakukan pada setiap kategori.


Keberhasilan implementasi Smart City di Kabupaten Karo akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta menjadi contoh bagi daerah-daerah lain yang ingin mengembangkan konsep serupa.


Penulis : Raden

Editor : Rudi