SMSI

SMSI
Rabu, 29 November 2023, 19:11 WIB
Last Updated 2023-11-29T12:31:33Z
Dewan PersTOBAUji Kompetensi Wartawan

UKW Bukan Hanya Uji Kompetensi Biasa

Foto bersama peserta UKW angkatan 63. (Foto/James Sirait).

TOBA-nduma.id

 

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bukan sekedar uji kompetensi biasa lazimnya ujian tulis CPNS melainkan UKW merupakan Uji Kompetensi guna menjadikan wartawan menjadi profesional serta memiliki karakter dan kemampuan yang handal dalam berkomunikasi dengan orang lain.


Bahkan, setelah lulus UKW wartawan juga diharapkan mampu bisa lebih memahami rambu-rambu atau Kode Etik Jurnalistik (KEJ) baik dalam penulisan berita maupun dalam investigasi berita.


Demikian disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara Farianda Putra Sinik dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 63 di Hotel Purnama, Rabu 29 November 2023.


"Uji Kompetensi ini bukanlah ujian untuk menjawab soal seperti ujian lazimnya CPNS tapi melainkan uji kompetensi guna menjadikan wartawan menjadi profesional serta memiliki kemampuan menampilkan karakter dan kemampuan kita berkomunikasi dengan orang lain," kata Farianda.


"Uji Kompetensi ini tidaklah mudah dan tidak bisa dipenggaruhi oleh siapapun termasuk saya sendiri. Anak saya saja yang ingin kompeten tidak bisa saya luluskan," ungkap Farianda lagi.


Bupati Toba Poltak Sitorus saat membuka secara resmi UKW mengatakan serta berharap seluruh peserta mengikuti uji kompetensi secara serius sehingga nantinya pada saat kegiatan berakhir seluruh peserta bisa lulus dan mendapatkan hasil yang terbaik.


"Melalui uji kompetensi ini kita harapkan para wartawan yang ada di kabupaten Toba bisa semakin profesional serta jumlah wartawan yang sudah kompeten bisa bertambah," ujar Bupati Toba Poltak Sitorus.


Bupati berjanji jika dirinya masih tetap memimpin di Kabupaten Toba maka kegiatan UKW akan semakin ditingkatkan baik dari sisi anggaran maupun capaian kegiatan UKW itu sendiri.


"Jika saya masih memimpin di kabupaten Toba maka untuk tahun depan anggaran hibah untuk kegiatan UKW akan saya tingkatkan" kata Poltak Sitorus disambut riang peserta UKW.


Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan PWI Bona Pasogit disponsori Inalum serta Pemda Toba menghadirkan 12 orang peserta dari sejumlah media serta dua tim penguji berkompeten dalam bidangnya.


Selain panitia kegiatan UKW ini turut dihadiri Wakapolres Toba Kompol B Simarmata, Kejari Donar Nainggolan, Ketua PWI Bonapasogit Alponso Situmorang, perwakilan Inalum. 


Penulis : James Sirait

Editor : Rudi