Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 05 Desember 2023, 11:05 WIB
Last Updated 2023-12-06T07:42:17Z
Banjir BandangBasarnasHumbahas

Hari Ke 4, Tim SAR Penyelaman Cari Korban Banjir Humbahas

Tim SAR Gabungan persiapan pencarian. (Foto/Dok. Basarnas).

Humbahas - nduma.id


Hari ke 4 pasca banjir bandang yang melanda kawasan pemukiman penduduk di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian korban hilang.


Sebanyak 535 orang dari berbagai instansi dan organisasi di libatkan dalam pencarian.


Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono,  mengatakan pencarian hari ke 4 dibagi menjadi 3 SRU. 


SRU pertama melakukan pencarian di permukaan air menggunakan perahu LCR dan Aqua Eye untuk mendeteksi keberadaan korban di dalam air sekaligus dilakukan penyelaman oleh tim Basarnas Spesial Group (BSG). 


"SRU kedua melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi oleh tim scouting darat di area batas jalan menuju tepi danau," kata Budiono, Selasa (5/12/2023).


Sedangkan SRU ketiga melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi tim scouting darat di area batas jalan menuju arah bukit. 


Selain itu, tim pencarian juga akan dibantu oleh anjing pelacak dari pihak kepolisian.


Sejauh ini, pencarian dilakukan untuk mencari 10 korban yang masih dinyatakan hilang sedangkan 2 korban lainnya telah berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dan diserahkan kepada pihak keluarga. 


Tim SAR Gabungan terus meluas area pencarian untuk mencari keberadaan korban dengan harapan bisa menemukan mereka dalam keadaan selamat.


Penulis  : Rudi

Editor : Son