Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 09 Desember 2023, 14:45 WIB
Last Updated 2023-12-10T07:48:26Z
Banjir BandangBasarnasHumbahas

Hari ke 8 Bandang Humbahas, Tim SAR Fokus Cari Korban di Tumpukan Sampah Tepi Danau

Petugas membersihkan ;lumpur mencari korban. (Foto/Basarnas).

Humbahas - nduma.id


Hari kedelapan, tim SAR gabungan tetap fokus melakukan pencarian korban banjir Bandang di sektor-sektor yang ada.


Sektor pertama mencari korban di perairan Danau Toba dengan cara penyelaman dari personel Basarnas Special Group (BSG) dan melakukan penyisiran di permukaan PT menggunakan RIB dan Perahu LCR.


Selain itu, pembersihan sampah dan penarikan pohon yang berada di Danau juga dilakukan.


Sedangkan di Sektor II dan III, tim SAR gabungan melakukan pembersihan material yang berada di dalam gereja, sekolah, dan selokan yang berada di depan hotel menggunakan excavator.


Tim SAR gabungan tetap memfokuskan pada runtuhan rumah dan mess karyawan Hotel Senior.


Budiono, Kepala Kantor Basarnas Medan, mengungkapkan hari ke 8 pencarian, tim SAR gabungan menurunkan tim penyelam dari BSG, melakukan penyelaman di sekitar lokasi pohon tumbang dan belakang gedung gereja dan hotel.


" Pencarian hari ke 8 pada pagi ini kita terlebih dahulu menurunkan tim penyelam dari BSG untuk melakukan penyelaman di sekitar lokasi pohon tumbang dan di belakang gedung gereja dan hotel," ucap Budiono, Sabtu, (9/12/2023).


Sebelumnya, Basarnas bersama dengan pemerintah Kabupaten Humbahas melakukan evaluasi pencarian selama tujuh hari dan rapat pimpinan untuk menentukan langkah selanjutnya.


Hasil evaluasi tersebut menyimpulkan bahwa pencarian diperpanjang hingga 3 hari kedepan dengan mempersempit titik fokus pencarian baik di air maupun di darat.


Penulis : Rudi

Editor : Son