Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 21 Desember 2023, 18:55 WIB
Last Updated 2023-12-21T11:55:50Z
Deklarasi Pemilu damaiMahasiswaMedan

Mahasiswa di Sumut Deklarasi Pemilu Damai 2024, Tolak Hoax dan Ujaran Kebencian

BEM Nusantara wilayah Sumatera Utara saat deklarasi Pemilu damai. (Foto/Istimewa).

Medan – nduma.id


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara wilayah Sumatera Utara (Sumut) dan BEM Seluruh Indonesia (BEMSI) wilayah Sumbagut deklarasi Pemilu Damai 2024, Kamis 21 Desember 2023.


Tujuannya untuk menciptakan situasi yang aman dan damai menjelang Pemilu dan menolak penyebaran hoax dan ujaran kebencian.


Menurut Korda BEM Nusantara wilayah Sumut, Guntur Kurniawan, deklarasi ini dilakukan agar situasi di Sumut selama Pemilu yang akan datang tetap aman dan damai.


"Kami mendeklarasikan ini agar situasi di Sumut menjelang Pemilu pada Februari 2024 mendatang tetap damai dan aman," ujarnya kepada wartawan.


BEMSI wilayah Sumbagut deklarasi Pemilu damai. (Foto/Istimewa).

Ada beberapa hal yang dideklarasikan oleh BEM Nusantara Sumut, yaitu kesiapan mereka untuk melaksanakan Pemilu 2024 yang damai dan sejuk untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat, mendukung segala bentuk peraturan yang berlaku serta mendukung penyelesaian permasalahan Pemilu 2024 sesuai koridor hukum.


"BEM Nusantara Sumut juga siap menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan provokatif menghasut ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara cara dalam pelaksanaan Pemilu 2024 serta siap menciptakan situasi dan kondisi tetap sejuk di wilayah Sumut serta terus bersinergi dengan TNI dan Polri dalam upaya menjaga stabilitas keamanan," ungkap Guntur.


Korda BEMSI Sumut, Ahmad Daniel Lubis menambahkan bahwa menjelang tahun politik atau Pemilu banyak aspek yang membuat orang atau masyarakat terpecah.


Untuk itu, BEMSI wilayah Sumbagut ingin mendeklarasikan Pemilu damai.


Dalam deklarasinya, BEM Nusantara Sumut siap menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan provokatif menghasut ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu sara cara dalam pelaksanaan Pemilu 2024.


Mereka juga siap menciptakan situasi dan kondisi yang tetap sejuk di wilayah Sumut serta terus bersinergi dengan TNI dan Polri dalam upaya menjaga stabilitas keamanan.


"Kami ingin Pemilu 2024 damai dan aman dan kami juga tidak memihak kepada Paslon mana pun. Dan kepada masyarakat bebas menentukan pilihan paslon masing-masing," pungkas Ahmad Daniel.


Sebagai masyarakat yang dewasa dan cerdas, kita dituntut untuk tidak mudah terprovokasi dengan hoax dan ujaran kebencian yang kerap muncul di banyak platform media sosial. Kita harus menjadi filter bagi informasi yang diterima dan tidak terburu-buru percaya pada kabar yang belum terkonfirmasi kebenarannya.


Penulis : Rudi

Editor : Novel