Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 29 Januari 2024, 18:05 WIB
Last Updated 2024-01-29T11:05:38Z
Konsultasi PublikPakpak Bharat

Konsultasi Publik Rancangan RKPD 2025 Pakpak Bharat di Harapkan Jadi Media Pembentukan Komitmen

Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin saat membuka Forum konsutasi. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd membuka Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2025 di Aula Bappelitbangda Pakpak Bharat, Senin, 29  Januari 2024.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan bahwa output dari konsultasi publik ini diharapkan menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.


Hal ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD).


Wakil Bupati juga menegaskan bahwa konsultasi publik ini menjadi pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).


“ Ini sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS),” ucap Wakil Bupati dalam sambutannya.


Forum ini menjadi penting sebab output dari konsultasi publik ini diharapkan dapat menjadi wadah pembentukan kesepakatan antar-stakeholder terkait pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat.


Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Pakpak Bharat, Ronald Lubis, SE, mengatakan bahwa seluruh pemangku kepentingan di daerah harus memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat.


“Kita semua, seluruh stakeholder harus berkontribusi nyata dalam pembangunan ini,” ucap Ronald Lubis.


Pemberian kontribusi bersama menjadi penting, mengingat Kabupaten Pakpak Bharat menempati urutan pertama dalam indeks laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5, 28 (2005-2022) pada Daerah zona dataran tinggi Provinsi Sumatera Utara.


Paparan perwakilan Kepala Bappelitbangda Provinsi Sumatera Utara, Anton Sihaloho, S.Sos, M.Si, juga menekankan pentingnya hadirnya pemerintah dalam segala lini dan aspek kehidupan masyarakat, seperti sarana dan prasarana, lapangan pekerjaan, kesejahteraan masyarakat, produktivitas daerah, pendidikan, kesehatan dan lainnya.


“Seyogyanya, pemerintah harus hadir dalam segala lini dan aspek kehidupan masyarakat, baik sarana dan prasarana, lapangan pekerjaan, kesejahteraan masyarakat, produktivitas daerah, Pendidikan, Kesehatan dan lainnya,” jelas ANTON Sihaloho.


Dalam forum konsultasi publik ini, Badan Pusat Statistik Nasional juga diundang guna memberikan gambaran umum mengenai Kabupaten Pakpak Bharat saat ini.


Partisipasi dari seluruh stakeholder di harapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk pembangunan di Kabupaten Pakpak Bharat.


Penulis : Rudi

Editor : Son