Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 10 Januari 2024, 22:00 WIB
Last Updated 2024-01-11T01:38:07Z
AgamaIslamMusabaqoh Tilawatil Qur'anSiantar

MTQ Siantar Sitalasari ke XVII Tahun 2024 di Buka

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan SSos MSP memukul beduk. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA melalui Kabag Hukum Setdako Hamdani Lubis SH menghadiri Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kecamatan Siantar Sitalasari ke XVII Tahun 2024, di Masjid Muallifatul Bilad, Jalan Setia Negara, Kelurahan Setia Negara, Kecamatan Siantar Sitalasari, Rabu, 10 Januari 2024.


Dalam sambutan tertulisnya susanti mengatakan melalui Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) diharapkan isi kandungan Alquran benar-benar diresapi, dihayati, serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.


"Semoga kegiatan ini dapat mewujudkan keinginan kuat kita untuk membumikan Alquran, serta menegakkan Syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai ke-Keislaman dalam tiap aspek kehidupan masyarakat," kata dr Susanti dalam sambutan tertulisnya.


dr Susanti berharap agar hakikat, makna, dan tujuan MTQ dapat senantiasa dipegang teguh dan dijunjung tinggi. Sehingga isi kandungan Alquran benar-benar diresapi, dihayati, serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.


"Ketika kita menggabungkan ayat-ayat Alquran, berarti kita juga sedang menggabungkan nilai-nilai kemanusian, nilai-nilai kesalehan sosial, dan nilai keharmonisan," tuturnya.


Sebagai kota dengan miniatur kebhinekaan, masyarakat Kota Pematang Siantar dikatakan harus saling menghormati dan menghargai, saling menyejukkan serta saling tolong-menolong dalam kebaikan.


Dengan demikian agar tercipta kehidupan masyarakat yang toleran dan kondusif. Hal tersebutlah yang menjadi modal untuk membangun Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.


"Saya yakin dan percaya, MTQ ini akan terus dilaksanakan dalam rangka mengukuhkan silaturahmi dan kebersamaan. Sehingga kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi antar semua pihak akan semakin kuat dalam membangun umat demi kesejahteraan rakyat menuju Pematang Siantar Bangkit dan Maju, serta terwujudnya kehidupan masyarakat yang rukun dan agamis," sebutnya.


dr Susanti juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Kecamatan Siantar Sitalasari, para stakeholder, dan seluruh warga yang telah bersemangat dalam pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Siantar Sitalasari ke XVII Tahun 2024.


"Kepada semua peserta, saya ucapkan selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran. Semoga keikutsertaan saudara-saudari akan memberikan manfaat dan maslahat dalam mengembangkan Syiar Islam," tukasnya.


Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Pematang Siantar Boy Iskandar Warongan SSos MSP berharap MTQ bisa semakin menguatkan nilai-nilai keimanan para remaja.


Sebab tanpa akhlak, ilmu tidak ada gunanya.


"Kami dari DPRD Kota Pematang Siantar terus berkomitmen bagaimana nanti anggaran-anggaran yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan keumatan terus kita tingkatkan. Sehingga yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam rangka menguatkan nilai-nilai keimanan bisa terus berkembang," tutur Boy.


Ia juga berharap peserta MTQ Kecamatan Siantar Sitalasari dapat memberi warna di MTQ Tingkat Kota Pematang Siantar.


"Siapapun nanti yang jadi pemenang, itu merupakan yang terbaik. Bagi yang belum menang, jangan putus asa," tandasnya.


Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematang Siantar Drs H Muhammad Ali Lubis menyampaikan, kegiatan MTQ intinya untuk memperkokoh ukhuwah dan persatuan.


MUI Kota Pematang Siantar, katanya, sangat mengapresiasi seluruh panitia MTQ di Kecamatan Siantar Sitalasari.


"Karena ini wujud dari perlombaan kita dalam melaksanakan kebaikan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kepada Dewan Hakim yang tadi sudah dikukuhkan, agar memberikan penilaian semaksimalnya sesuai ilmu yang dimiliki. Kepada peserta MTQ, apabila tidak semua menjadi juara, tapi adik-adik sudah menjadi orang-orang terbaik karena sudah berusaha menampilkan yang terbaik," pesannya.


Penulis: Ari

Editor : Rudi