Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 11 Januari 2024, 21:07 WIB
Last Updated 2024-01-12T00:35:01Z
Bantuan bibitBawang MerahPakpak BharatPertanian

Petani di Pakpak Bharat Dapat Bantuan 5 Ton Bibit Bawang Merah

Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat bersama anggota kelompok tani. (Foto/Dok. Kominfo Pakpak Bharat).

PAKPAK BHARAT, Salak – nduma.id


Berita baik bagi masyarakat Pakpak Bharat, khususnya petani yang tergabung dalam kelompok tani.


Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah melaksanakan Verifikasi Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL) bantuan APBD provinsi Sumatera Utara tahun 2024, Kamis, 11 Januari 2024.


Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP mengatakan dalam program tersebut, bantuan bibit bawang merah sebanyak 5 Ton akan dialokasikan di 3 kecamatan dengan total luasan lahan seluas 5 hektar.


Kecamatan Kerajaan seluas 2 Ha kepada Kelompok Tani Bintang Tani, Kecamatan Salak seluas 2 Ha kepada kelompok Wanita Tani Kuta Ketang, serta Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu seluas 1 Ha, kepada Kelompok Tani Kasah.


“ Total untuk lahan 5 Hektar,” kata Adei Johan.


Sampai saat ini dikatakan Varietas Batu Ijo diketahui sangat cocok untuk dikembangkan di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat.


Proses penanaman bibit ini direncanakan akan dilaksanakan pada Februari 2024 hingga Maret 2024 mendatang.


Selain itu, program ini juga akan memberikan berbagai bantuan pendukung seperti saprodi dan pupuk organik dengan total 4 Ton per hektar.


Adei Johan berharap setiap program pertanian yang sudah direncanakan dan sedang berlangsung dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pakpak Bharat, khususnya masyarakat petani.


Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pakpak Bharat, Edy Jonter Pandiangan, beserta Koordinator dan PPL Desa, juga hadir untuk memberikan dukungan penuh dalam kegiatan ini.


Mereka berharap program pengembangan bawang merah ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Pakpak Bharat, terutama masyarakat petani yang bergabung dalam kelompok tani.


Penulis: Rudi

Editor : Son