SMSI

SMSI
Rabu, 07 Februari 2024, 21:43 WIB
Last Updated 2024-02-08T00:47:17Z
Knalpot BrongPolisiSiantar

30 Knalpot Brong di Musnahkan Polres Siantar

Pemusnahan knalpot brong di Polres Siantar. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Sebanyak 30 kenalpot tidak sesuai spesifikasi teknis atau brong di musnahkan di Polres Siantar.


Kenalpot bising itu di musnahkan dengan cara dipotong-potong menggunakan gergaji mesin di lapangan apel Sat Lantas, Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Selasa, 6 Februari 2024 sore sekira pukul 16.00 WIB.


Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP Gabriellah A. Gultom, SIK menyampaikan, kenalpot itu berasal dari kendaraan bermotor yang dianggap melanggar aturan lalu lintas.


Sesuai Program Kapolri terkait 10 pelanggaran prioritas, dimana salah satunya adalah kategori knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis.


Sebagai informasi, dasar pemusnahan knalpot brong adalah UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


"Polres Pematangsiantar melakukan penindakan terkait hal tersebut Selama bulan Januari 2024, dan berhasil mengamankan barang bukti 30 knalpot Brong yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis untuk selanjutnya dilakukan pemusnahan," Kata AKP Gabriellah. 


Masyarakat Kota Pematangsiantar di himbaunya agar tidak menggunakan knalpot brong di jalan umum karena sangat mengganggu pengguna jalan lain.


"Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas sebagai kebutuhan kita bersama," ujar AKP Gabriellah.


Pemusnahan knalpot brong itu diikuti langsung KBO Sat Lantas, Para Kanit Sat Lantas dan Baur Tilang.


Penulis : Ari

Editor : Son