Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 29 Februari 2024, 07:58 WIB
Last Updated 2024-03-11T01:00:03Z
DairiGagal GinjalKesehatan

Bupati Dairi Respon Keluhan Warganya Penderita Gagal Ginjal Kronis

Foto bersama keluarga pasien. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memberikan respon cepat atas keluhan penderita gagal ginjal kronis, DP, yang menderita setelah dilakukan pemeriksaan oleh Rumah Sakit Umum Sidikalang.


Direktur RSUD Sidikalang, Mei Sitanggang, mengatakan bahwa pasien DP langsung ditangani di UGD setelah datang sekitar jam 11 malam, dilanjutkan dengan pemeriksaan kembali oleh dokter penyakit dalam.


DP katanya merasa sangat terbantu dengan pelayanan yang diberikan.


“Pasien datang sekitar jam 11 malam dan langsung ditangani di UGD. Kita sudah lakukan penanganan pertama di UGD, dilanjutkan pemeriksaan kembali oleh dokter penyakit dalam. Ternyata masih bisa kita tangani disini hingga kondisinya stabil,” ucap Direktur RSUD Sidikalang Mei Sitanggang, Rabu (28/2/2024).


DP merupakan putri dari Anggiat Pakpahan dan Lasma Manalu dari Desa Gomit, Kecamatan Siempat Nempu.


Mengingat DP tidak tercatat sebagai pemilik BPJS, Bupati Dairi kemudian memberikan instruksi agar DP dibantu dalam pengurusan BPJS agar kartunya dapat segera dikeluarkan.


Selama ini pasien bekerja di Malaysia dan tidak pernah merasakan keluhan apa - apa. Pasien juga tidak tercatat sebagai pemilik BPJS, sehingga oleh Bapak Bupati menginstruksikan agar kepengurusan BPJSnya dibantu sehingga kartunya dapat segera dikeluarkan. Untuk proses ini, kita melibatkan OPD terkait untuk membantu,” katanya.


Atas respon cepat yang diberikan, Lasmi Manalu, orang tua DP, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Eddy Berutu dan jajarannya yang telah memberikan keringanan dan membantu pengobatan DP.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son