Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 19 Februari 2024, 21:20 WIB
Last Updated 2024-02-19T14:20:01Z
GolkarPemilu 2024Siantar

Golkar Klaim Unggul Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun, Raih 15 Kursi DPRD

Timbul Jaya Sibarani, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Simalungun. (Foto/Istimewa).

Simalungun - nduma.id


Partai Golkar mengklaim kemenangan pada Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun. 


Menurut real count internal, partai berlambang pohon beringin itu untuk sementara unggul dengan meraih 15 kursi dari 50 kursi DPRD Kabupaten Simalungun.


"Untuk DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Dapil X Siantar-Simalungun, mudah-mudahan Golkar 3 kursi," sebut Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, Senin (19/2/2024).


Timbul Jaya menjelaskan, perolehan suara itu diketahui sesuai dengan data C Hasil (dulu disebut: C1) yang diperoleh dari saksi-saksi seluruh TPS (Tempat Pemungutan Suara) se-Kabupaten Simalungun, pada pemilu yang digelar 14 Februari 2024 lalu.


Dari penghitungan internal berdasarkan C1 Hasil tersebut, perolehan suara Partai Golkar Kabupaten Simalungun untuk legislatif secara keseluruhan sebanyak lebih kurang 130 ribu.


Sedangkan pemilihan presiden,  pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari Kabupaten Simalungun meraih 337 ribu atau sekitar 66,5 persen.


Atas pencapaian itu, Timbul Jaya mengucapkan syukur atas berkat Tuhan Yang Maha Esa, karena pemilu 2024 berjalan tertib dan lancar.


"Sebagai pemimpin partai politik, saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pemilu, baik jajaran KPU dan Bawaslu, sampai ke tingkat KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara atau Pengawas TPS (PTPS) se-Kabupaten Simalungun, yang sudah bekerja keras sampai tengah malam, bahkan sampai subuh, demi terselenggaranya pemilu dan pilpres di Kabupaten Simalungun Simalungun," ujar Timbul Jaya.


Ketua TKD Prabowo-Gibran Kabupaten Simalungun itu juga Mengungkapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun yang telah memberikan hak pilih dan kepercayaannya kepada Partai Golkar pada pemilu 2024. 


Dan, apresiasi setinggi-tingginnya kepada seluruh jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Simalungun, kepada pengurus kecamatan sampai nagori (desa) dan seluruh saksi serta para calon anggota legislatif (caleg) yang sudah berjuang demi kemenangan Partai Golkar di Kabupaten Simalungun.


Di akhir wawancara, Timbul Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri dan seluruh elemen atas terselenggaranya pemilu 2024 yang tertib dan lancar.


"Dan, memohon maaf selama proses kampanye hingga pemilihan tentu ada salah, kami mohon maaf. Kepada Tuhan kita mohon ampun," ucap Timbul Jaya, yang saat ini menjabat Ketua DPRD Kabupaten Simalungun itu.


"Kemenangan ini menjadi kemenangan masyarakat Simalungun, dan nanti kami persembahkan demi kemajuan masyarakat di Kabupaten Simalungun," pungkas Timbul Jaya.


Timbul Jaya Sibarani mengemban jabatan Ketua DPD Golkar Kabupaten Simalungun terhitung mulai Tahun 2014. 


Saat itu, posisi partai berlambang pohon beringin tersebut berada pada urutan kedua, di bawah Demokrat di Kabupaten Simalungun.


Pada pemilu 2014, di bawah kepemimpinan Timbul Jaya, Golkar merebut kemenangan itu dari Demokrat. 


Golkar berhasil mendudukkan 9 orang kadernya di DPRD Simalungun, dan mengantarkan Timbul Jaya Sibarani menjadi Ketua DPRD Kabupaten Simalungun. 


Jadi, jika pada pemilu 2024 ini, Golkar menempatkan 15 orang kadernya di DPRD Kabupaten Simalungun, maka ini menjadi kemenangan Golkar untuk kedua kalinya secara berturut-turut di bawah kepemimpinan Timbul Jaya Sibarani.


Kemudian untuk pilkada Kabupaten Simalungun, dari Tahun 2005 sampai 2020, Golkar tidak pernah memenangkan calonnya. 


Kemenangan baru diraih pada pilkada Kabupaten Simalungun 2020.


Golkar dengan semangat marharoan bolon, dapat memenangkan calon yang diusungnya sehingga mengantarkan Radiapoh Hasiholan Sinaga menjadi Bupati  Simalungun periode 2020-2025.


Penulis : Ari

Editor : Rudi