Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 06 Februari 2024, 16:15 WIB
Last Updated 2024-02-06T09:18:56Z
Kantor PosKementerian Ekonomi Sumber Daya ManusiaSiantar

Khawatir di Politisasi, Kantor Pos Siantar di Minta Umumkan Data Penerima Bantuan 5.603 Rice Cooker Dari Kementerian ESDM

Kantor Pos Pematang Siantar. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) memberikan bantuan sebanyak 5.603 Rice Cooker merek Cosmos kepada warga kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.


Tujuannya sebagai upaya pemerintah pusat mendorong transisi energi dari ketergantungan pemakaian gas.


Bantuan itu di salurkan melalui Kantor Pos Siantar.


Di Konfirmasi, kepala Kantor Pos Kota Pematangsiantar, Dodi Pulungan mengatakan penerima bantuan tersebar  di seluruh kecamatan di kota Siantar dan Kabupaten Simalungun.


"Ada 8 kecamatan di kota Siantar yang menerima," kata Dodi Pulungan, Senin (5/2/2024).


Sistem penyaluran Rice Cooker itu melalui outlet kantor pos dan komunitas.


"Ada yang disalurkan melalui outlet kantor pos dan ada juga yang melalui komunitas berdasarkan koordinasi dengan tenaga ahli yang ditugaskan kementerian ESDM," kata Dodi.


Sayangnya ketika nduma.id mempertanyakan nama - nama komunitas yang menjadi penyalur, pimpinan kantor pos itu sepertinya enggan memberikan data.


"Pola pembagian nya ada yang door to door kita datangi, ada yang istilahnya supaya tidak terlalu jauh ke outlet kantor kita (kantor pos) atau ke komunitas. Jadi kita kumpulkan di suatu tempat, begitu. Petugas kita datang ke lokasi untuk menyalurkan," ujar Dodi


Bantuan Rice Cooker itu katanya di bagikan berdasarkan data yang diberikan oleh kementerian ESDM.


"Kita tarik data dari database yang dari kantor pusat yang diberikan ESDM, itu kita tarik. Kita sortir berdasarkan kelurahannya dan kecamatannya. Baru disalurkan, dan yang menyalurkan adalah petugas pos dan tenaga ahli," sebut Dodi.


Pimpinan kantor pos itu mengatakan tenaga ahli adalah yang ditugaskan kementerian ESDM


"Tenaga ahli itu ditugaskan kementerian ESDM," sambung Dodi.


Bantuan Rice Cooker itu di sebut Dodi sudah dimulai sejak bulan Desember tahun 2023 lalu.


Penyaluran dilakukan 4 tahap di bulan Desember 2023 dan 3 tahap di bulan Januari 2024.


Sementara itu warga Siantar yang mengetahui penyaluran bantuan itu mengaku tidak paham kriteria warga yang menerima bantuan Rice Cooker itu.


Ia baru mengetahui Rice Cooker itu bantuan Dari Kementerian ESDM setelah berbincang dengan nduma.id.


" Bukan bantuan Caleg. ?," tanya seorang warga.


Warga Siantar lain menduga bantuan itu terkait dengan calon anggota DPRD Siantar atas nama Nurlela Sikumbang dari Partai Amanat Nasional (PAN)  yang saat ini menjabat sebagai ketua komisi 1 DPRD Siantar.


"Kalau yang kudengar bang, tim sukses Nurlela Sikumbang yang mendapat bantuan Rice Cooker itu," ujar seorang warga yang namanya tidak bersedia disebut dalam pemberitaan.


Mengantisipasi penyimpangan, wargapun berharap data penerima bantuan bisa di umumkan terbuka kepada warga.


Misalnya data penerima di tempel di kantor Desa atau kantor camat.


Sementara itu, Nurlela Sikumbang dikonfirmasi nduma.id membenarkan kalau Rice Cooker itu merupakan bantuan Kementerian  ESDM.


Namun terkait data penerima, Anggota DPRD Siantar itu mengaku tidak mengetahui pasti.


"Kita hanya sebagai penerima kalau untuk data yang valid silahkan ke kantor pos," katanya.


Untuk tanggal pembagian Rice Cooker, Nurlela juga mengatakan kurang begitu mengingat tanggal, tetapi yang pasti dilakukan beberapa har lalu 


"Kurang tahu saya, karena itu ada beberapa hari dan saya tidak terlalu ingat tanggalnya, untuk lebih valid silahkan ke kantor pos," kata anggota DPRD Siantar periode 2019 - 2024 dan kembali Mencaleg periode 2024 - 2029 itu.


Eferi Notta Ginting, Lurah Karo di Kecamatan Siantar Selatan, tidak mengetahui apakah ada warganya terima rice cooker dari kantor pos.


'Belum ada terima Rice Cooker masyarakat di kelurahan Karo," terang Eferi Notta Ginting. Selasa (6/2/2024).


Ade Kurnia Harchan, S.E  selaku Lurah Martoba, Kecamatan Siantar Utara mengatakan hanya berjumlah 22 orang warganya menerima bantuan itu dengan mengambil langsung ke Kantor Pos Siantar pada bulan Januari 2024.


"Ada 22 orang warga saya yang terima bantuan rice cooker, mereka mengambil rice cooker ke kantor Pos," terang Ade Kurnia Harchan, Selasa (6/2/2024).


Camat Siantar Utara, Irwansyah Saragih, S.Sos. M.Si saat hendak diwawancarai nduma.id sedang tidak berada di kantor ketika jam kerja.


"Pak Camat keluar bang, tidak ada dikantor," kata seorang pegawai yang berada diruang pemerintahan Kantor Camat Siantar Utara.


Kemudian nduma.id melakukan wawancara melalui WhatsApp.


Camat Siantar Utara itu mengatakan pihak kecamatan mengakui bahwa ada warga yang diberikan Cosmos.


"Betul ada bulan yang lalu dari Kementerian ESDM," Kata Irwansyah Saragih, Selasa (6/02/2024).


Saat ditanya jumlah warga yang mendapat bantuan Rice Cooker merek Cosmos, Irwansyah Saragih mengaku tidak tahu karena pihak kantor pos tidak memberikan data.


"Oh itu kita nggak tau berapa orang penerimanya. cek aja di Kantor Pos datanya pak trims," ujar Camat Siantar Utara itu.


Camat Siantar Marihat, Henri Gunawan Purba SH saat dikonfirmasi melalui WhatsApp belum membalas pertanyaan nduma.id terkait Bantuan Rice Cooker oleh kementerian ESDM.


Penulis : Ari

Editor : Rudi