Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 28 Februari 2024, 13:44 WIB
Last Updated 2024-02-28T06:44:22Z
Danau TobaPower BoatTOBA

Poldasu Pastikan Teknologi Modern Dukung Kesuksesan World Championship F1 Powerboat di Danau Toba

Suasana Comend Center Poldasu. (Foto/Istimewa).

Toba - nduma.id


World Championship F1 Powerboat kembali digelar di Danau Toba. 


Sebagai bagian dari keamanan dan keselamatan event tersebut, satuan Tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Sumatera Utara mendirikan Command Center sebagai pusat kendali operasi yang dilengkapi dengan berbagai macam peralatan modern.


Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agung Setya, melalui Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi, menjelaskan bahwa Command Center tersebut dilengkapi dengan perangkat-perangkat modern seperti vidiotron, zoom meeting, jaringan internet dan astinet, dan monitoring aplikasi SOT Presisi.


Pemasangan lebih dari 40 titik CCTV PTZ dipasang di tempat strategis seperti venue, pelabuhan, mess pemprov Sumatera Utara, kantong parkir, Taman Balige, Simpang FL Tobing, Pom Bensin, Simpang Gereja, Simpang Jalan Masjid, Bundaran Balige, Simpang Tandang Buhit, Simpang Hotel Mutiara, Simpang By Pass Tambunan, dan tempat lainnya. 


"Selain lebih 40 titik CCTV, Bidang Teknologi Informasi Polda Sumut juga menyiapkan alat komunikasi HT dan puluhan HT Android bagi personel pengamanan untuk memudahkan kendali dan komunikasi," katanya, rabu (28/2/2024).


Disamping itu, CCTV portable juga dipasang di beberapa tempat, seperti pintu masuk, pelabuhan Balige, Simpang Siliwangi, Bundaran Balige, Simpang Jl TD Pardede, agar semua aspek keamanan serta keselamatan diawasi dengan baik.


Selain itu, bidang Teknologi Informasi Polda Sumatera Utara juga menyiapkan alat komunikasi HT dan puluhan HT Android bagi personel pengamanan. 


Seluruh fasilitas tersebut berfungsi untuk memudahkan kendali dan komunikasi dalam pelaksanaan pengamanan serta menjaga keselamatan para peserta dan penonton.


Polda Sumatera Utara juga memasang perangkat Repeater Mobile di Bukit Tara Bunga sebagai bagian dari persiapan untuk menjaga keamanan dan keselamatan dalam F1 Powerboat di kawasan Danau Toba.


Diantara banyaknya peralatan modern yang disiapkan, Satuan Tugas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Sumatera Utara siap menjaga keamanan dan keselamatan F1 Powerboat dengan memanfaatkan teknologi modern untuk mendukung kesuksesan event tersebut.


"Perangkat mobile system juga kita siapkan agar F1 Powerboat berjalan aman, nyaman di kawasan Danau Toba," pungkas Hadi.


Penulis : Rudi

Editor : Son