Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 28 Februari 2024, 07:41 WIB
Last Updated 2024-03-11T00:44:30Z
Bank SumutDairiRapat Umum Pemegang Saham

RUPS PT Bank Sumut, Pemkab Dairi Dukungan Untuk Permodalan di Masyarakat

Bupati Dari ikut RUPS PT Bank Sumut. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan RUPS Luar Biasa (RUPS-LB) PT Bank Sumut yang seharusnya dilaksanakan pada Senin, 5 Februari 2024, akhirnya resmi digelar pada Senin, 26 Februari 2024 kemarin.


Turut menghadiri pertemuan ini adalah Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.


Bupati Dairi mengungkapkan bahwa kinerja Bank Sumut di tahun 2023 tercatat cukup baik.


Dari pemaparan direksi Bank Sumut, nilai aset tumbuh lebih dari 9 persen dan kredit yang disalurkan ke masyarakat juga meningkat hampir 53 persen dibandingkan tahun sebelumnya.


Di samping itu, dana yang dihimpun oleh masyarakat juga mengalami peningkatan, serta minat masyarakat terhadap Bank Sumut semakin bertumbuh dengan naiknya penghasilan dari bunga kira-kira 5 persen.


"Dari pemaparan direksi tadi, nilai aset terus tumbuh diatas 9 persen, kredit yang disalurkan pada masyarakat juga tumbuh kira-kira 53 persen dibandingkan dengan Tahun 2022," katanya dalam wawancara.


Bupati Dairi juga mengharapkan agar dengan prestasi baik yang telah diraih, kinerja Bank Sumut dapat dipertahankan dan mencapai target laba yang semakin baik ke depannya.


“Atas indikator ini, tadi dalam RUPS, kita sepakat termasuk Kabupaten Dairi menyampaikan kepada direksi untuk tetap meningkatkan kinerjanya meskipun di Tahun 2024 ini tantangannya tentu berbeda dari tahun sebelumnya," katanya lagi.


Secara khusus di dalam pertemuan RUPS ini, Bupati Dairi juga menyampaikan harapannya agar Bank Sumut dapat hadir dan turun tangan membantu kebutuhan permodalan, terutama untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta petani yang selama ini mengandalkan bantuan modal dari lembaga non-perbankan dengan bunga yang tinggi.


Dukungan Pemerintah Kabupaten Dairi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kinerja Bank Sumut dan membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya UMKM dan petani yang membutuhkan permodalan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son