Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 20 Februari 2024, 22:21 WIB
Last Updated 2024-02-21T01:24:08Z
Hari Pers NasionalNasionalPersatuan Wartawan IndonesiaPress Card Number One

Sumut Bangga, Syahrir Terima Press Card Number One pada Puncak HPN 2024

Drs. Muhammad Syahrir MIKom diwawancara wartawan. (Foto/Istimewa).

Jakarta – nduma,id


Sumatera Utara kembali membanggakan dunia pers Indonesia dengan meraih Press Card Number One (PCNO) pada perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta pada Selasa 20 Februari 2024.


Menurut rekomendasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi DWI PWI Sumut, Drs. Muhammad Syahrir MIKom, terpilih melalui proses seleksi dan penjaringan ketat oleh panitia.


Penghargaan PCNO ini diserahkan oleh Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.


Syahrir mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan bagian dari profesi jurnalis yang harus dijalankan dan merupakan inspirasi bagi para rekan-rekan wartawan lainnya.


"Pastinya kita mensyukuri telah dinilai layak mendapat apresiasi penghargaan tertinggi ini yang setara lifetime achievement award. Dalam menjalankan tugas jurnalistik, seorang wartawan tak akan pernah berharap award, namun itu merupakan bagian dari profesinya yang harus dijalankan," kata Syahrir.


Di nilai berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh PWI, Syahrir yang juga Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sumut ini memenuhi syarat sebagai penerima penghargaan PCNO karena telah aktif selama minimal 25 tahun dalam menghasilkan karya jurnalistik yang diakui secara nasional dan internasional.


Selain itu, Syahrir juga telah menjadi pelopor dan tokoh pengembangan berbagai genre jurnalistik seperti jurnalisme investigasi, presisi, hiburan, olahraga, televisi, radio, digital, dan lainnya.


"Insya Allah ini menjadi inspirasi rekan-rekan yang lain, karena sebelumnya PCNO ini juga sudah diterima para senior. Hanya saja, tahun ini memang lebih selektif dan ketat karena penerima harus benar-benar memenuhi persyaratan yang telah ditentukan panitia dari PWI Pusat," sebut pendiri Harian Realitas tersebut.


Puncak peringatan HPN 2024 juga memberikan penghargaan Medali Emas kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Pena Emas kepada Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.


Ini adalah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada tokoh-tokoh penting dalam dunia pers dan masyarakat Indonesia.


Keberhasilan Syahrir dalam meraih penghargaan PCNO ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para wartawan Sumut dan meningkatkan kualitas karya jurnalistik di Indonesia.

 

Dengan demikian, Syahrir yang menekuni profesi wartawan sejak tahun 1990 mengikuti jejak para senior pers Sumut lainnya, Di antaranya, H Prabudi Said, H Teruna Jasa Said, Hj Rayati Syafrin, H Sofyan Harahap, H Sofyan, Ali Sukardi, Supandi Kusuma, Sjamsuar Djamil, Hermansjah, Ibrahim Sinik, M Yazid, dan GM Immanuel Panggabean.


Penulis : Rudi

Editor : Son