Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 06 Maret 2024, 13:45 WIB
Last Updated 2024-03-13T06:49:38Z
DairiMusrenbangPembangunan

Musrenbang 2025, Dairi Fokus Pembangunan Kesejahteraan, Infrastruktur, dan Tata Kelola Pemerintahan

Foto bersama. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

Dairi – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025, Selasa, 5 Maret 2024 di Balai Budaya Sidikalang.


Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan bahwa musrenbang ini dilakukan dalam rangka menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, serta penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.


Pada tahun 2025, fokus pembangunan diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.


Adapun capaian indikator kinerja utama sebagai ukuran keberhasilan dalam pencapaian visi dan misi daerah diantaranya nilai tukar petani sebesar 127,81%, indeks kepuasan masyarakat sebesar 85,85%, indeks infrastruktur sebesar 60,01%, indeks pendidikan sebesar 69,17% serta indeks membagi desa sebesar 0,6514 poin.


Di sektor infrastruktur, pada tahun 2023 Pemkab Dairi telah melakukan peningkatan jalan, diantaranya jalan jurusan Bakal Julu – Silumboyah Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Simpang Tiga – Sumbul Berampu Kecamatan Berampu, Pinantar – Lae Tanggiang Kecamatan Sumbul serta Kuta Buluh – Lau Primbon Kecamatan Tanah Pinem.


Prasarana pertanian juga menjadi perhatian penting guna mendukung akses pertanian dalam meningkatkan produksi.


“Prasarana pertanian juga menjadi perhatian penting guna mendukung akses pertanian dalam meningkatkan produksi. Di tahun 2023 pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi usaha tani 7 unit, dan pemeliharaan jalan usaha tani 13 unit,” ujar Eddy Berutu yang di dampingi oleh Sekretaris Daerah Charles Bantjin.


Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan bahwa prioritas pembangunan tahun 2025 di Sumatera Utara yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia, pertumbuhan ekonomi inklusif, kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, serta tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.


Dalam musrenbang perlu penekanan penting untuk memperhatikan hasil evaluasi RKPD Dairi tahun 2023 guna mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung atas capaian kinerja yang telah dilaksanakan.


Hal ini dilakukan guna meningkatkan kinerja Pemkab Dairi dalam pencapaian sasaran dan prioritas pembangunan dalam jangka panjang.


Dengan adanya Musrenbang RKPD Tahun 2025, Pemkab Dairi berharap dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat di Kabupaten Dairi. Semoga rencana pembangunan daerah yang terencana dan terarah ini dapat terealisasikan dengan baik demi kemajuan Kabupaten Dairi dan Sumatera Utara secara keseluruhan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son