Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 20 Maret 2024, 23:32 WIB
Last Updated 2024-03-21T09:35:25Z
Administrasi KependudukanDairiSekolah Menengah Atas

Pelayanan Adminduk di Kabupaten Dairi, Inovasi Gerak Cepat Untuk Kemudahan Masyarakat

Bupati Dairi saat berkunjung di SMA N 2 Sidikalang. (Foto/Dok. Kominfo Dairi).

DAIRI, Sidikalang – nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi di bawah kepemimpinan Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mendapat apresiasi dari guru SMA Negeri 2 Sidikalang, Sandro Simamora, atas kinerjanya dalam pelayanan administrasi kependudukan di daerah tersebut.


Pengalaman Sandro dalam mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi memberikan pengalaman yang berbeda ketimbang pengalaman umum yang selalu didengar terkait pengurusan administrasi pada kantor pemerintahan.


"Sebagai masyarakat Dairi saya merasakan manfaat dari kinerja Pemerintah Kabupaten Dairi yang berada di bawah kepemimpinan Bupati Eddy Berutu," katanya, Selasa (19/3/2024).


Sandro merasakan pelayanan yang cepat dan efisien, serta melibatkan inovasi dalam memberi kemudahan kepada masyarakat, seperti pemberian pojok bermain anak dan fasilitas pembuatan KTP di desa/kecamatan.


Hal ini membuatnya merasakan bahwa sedang berada di tempat hangout, bukan berada di area administratif kantor pemerintahan.


"Kesana mengurus akta lahir dan data istri saya, yang saya rasakan saya seperti bukan berurusan di kantor pemerintahan pada umumnya, tapi seperti masuk ke cafe. Pelayanannya cepat dan praktis," ucapnya.


Sandro juga sangat mengapresiasi kehadiran dan kepedulian pemerintah dalam meningkatkan dan memperbaiki layanan administrasi kependudukan.


Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, menegaskan bahwa kinerja Pemkab Dairi dalam pelayanan administrasi kependudukan adalah prioritas utama sejak awal menjabat.


Pelayanan berbasis inovasi digunakan sebagai solusi untuk memperbaiki layanan dan memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan mereka.


Dalam hal ini, Pemkab Dairi menyediakan sistem jemput bola untuk menjemput dokumen serta fasilitasi pengurusan administrasi masyarakat dengan maksimal, termasuk memberikan kemudahan pembuatan dokumen di tingkat desa/kecamatan.


Melalui inovasi gerak cepat dan sistematis dalam pelayanan administrasi, Pemkab Dairi berhasil memberikan dampak positif bagi masyarakat, yang kini telah memiliki dokumen kelengkapan administrasi hingga 99%.


"Kita lakukan pembenahan melalui inovasi-inovasi agar administrasi masyarakat Dairi dapat tuntas. Jika administrasi kependudukannya sudah beres, maka masyarakat tidak akan terkendala untuk mengikuti program-program pemerintah lainnya, termasuk bantuan," ucap Eddy Berutu.


Pemkab Dairi tetap berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat, agar mereka dapat menjalankan berbagai program pemerintah dengan mudah, dan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son