Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 01 Maret 2024, 11:44 WIB
Last Updated 2024-03-11T04:48:56Z
DairiMoUPertanian

Pemkab Dairi Kunjungan Studi Banding dengan PT Beleaf Kebun Indonesia

Penandatanganan perjanjian kerja sama. (Foto/Istimewa).

Dairi - nduma.id


Guna meningkatkan produktivitas pertanian di kawasan pertanian terpadu, Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Beleaf Kebun Indonesia. 


Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Dairi dan PT. Beleaf Kebun Indonesia bertujuan untuk pengembangan hasil produktifitas pertanian pada kawasan pertanian terpadu di Parbuluan V, Kecamatan Parbuluan.


Kamis 29 Februari 2024, Bupati Dairi beserta rombongan melakukan kunjungan studi banding untuk implementasi teknik budidaya yang dikembangkan oleh PT. Beleaf Kebun Indonesia. 


Kedepannya, kerjasama antara Pemkab Dairi dan PT Beleaf Kebun Indonesia akan memanfaatkan teknologi mekanisasi yang dapat diterapkan di Dairi agar produktivitas tani dapat meningkat dan cost yang rendah termasuk meninggalkan pola tanam musiman, dengan durasi panen yang tidak hanya 2 kali setahun lagi.


"Jadi untuk 5 tahun ke depan, petani kita yang tangguh di Dairi yang memiliki lahan yang luas dengan komoditi yang beragam bisa terus meningkatkan produktifitas pertaniannya," kata Eddy usai berkunjung ke lokasi pembibitan PT. Bealef Kebun Indonesia.


Kabupaten Dairi dikatakan sangat ambisius dalam upaya peningkatan hasil pertanian dan kesejahteraan petani. 


Untuk rencana pertanian ke depannya, Kabupaten Dairi menyesuaikan terlebih dahulu dengan pengembangan yang dilakukan oleh PT. Bealef sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pasar. 


Kentang masih menjadi unggulan, selain komoditi cabai, kol, dan bawang merah.


Dalam hal pertanian, terutama di Kabupaten Dairi, hal ini menjadi sangat penting karena bisa meningkatkan ekonomi masyarakat petani. 


"Jadi untuk mencapai itu kita butuh mitra yang sepikiran. Kita ingin Dairi itu jadi lumbung pasok hasil pertanian, bukan hanya untuk Sumatera Utara, bahkan secara nasional," ujar bupati.


CEO PT. Beleaf Kebun Indonesia, Amrit Chandarban juga mengatakan optimis mengenai kedepannya kerjasama dengan Pemerintah Daerah seperti Kabupaten Dairi dapat saling mendukung dan bersinergi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat petani.


"Penandatangan kerjasama antara PT. Beleaf dengan Pemerintah Dairi, diharapkan menjadi awal langkah baik dalam menjalin kerjasama untuk peningkatan ekonomi masyarakat," ucapnya.


Diharapkan kerjasama ini akan menjadi awal yang baik dalam menjalin kemitraan untuk kepentingan bersama, sehingga pertanian di Kabupaten Dairi semakin maju dan berdampak pada ekonomi petani lokal.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son