Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu
Kamis, 25 April 2024, 20:45 WIB
Last Updated 2024-04-26T00:29:50Z
DairiDPR RIPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Siap Jika Tak Diberi Mandat, Junimart Girsang Anggota DPR RI Daftar ke PDI P Maju Pilkada Dairi

Anggota DPR RI Junimart Girsang bersama sekretaris tim penjaringan kepala daerah PDI P Dairi. (Foto/Rudi).


DAIRI -  nduma.id

Politisi di tingkat pusat Junimart Girsang bakal meramaikan iklim politik lokal di Kabupaten Dairi.


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini memutuskan ikut mendaftar penjaringan bakal calon kepala daerah untuk pilkada Kabupaten Dairi tahun 2024 melalui Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.


Keputusan ini diambil setelah Junimart menerima restu dari keluarga dan dukungan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Dairi.


“Tentu ini menjadi pergumulan di awal, saya harus berdiskusi dengan keluarga ternyata keluarga setuju dan saya juga mendapat dukungan dari beberapa tokoh masyarakat Dairi,” kata Junimart kepada wartawan, Kamis (25/4/2024).


Karena itu sekira jam 11.00 WIB tadi, Junimart Girsang mendatangi tim penjaringan bakal calon kepala daerah PDI P di Jalan Pandu Sidikalang.


Kemudian menyerahkan berkas dan formulir untuk pendaftaran penjaringan.


Selain sebagai kader partai, Junimart memilih ikut Pilkada melalui PDI P karena kursi partai ini cukup untuk mengusung 1 pasang kepala daerah di Pilkada Dairi 27 November 2024 nanti.


“Saat ini Saya sebagai kader partai, tentu karena partai bisa mengusung untuk calon bupati tentu sampai saat ini saya mendaftar ke PDI perjuangan,” sebutnya Junimart di singgung wartawan soal mendaftar ke partai lain.


Junimart juga tak menampik kalau sebelumnya di tawari untuk ikut Pilkada 2024 di Kabupaten Simalungun dan Provinsi Sumatera Utara.


Namun ia lebih memilih ikut Pilkada di kampung halamannya di Kabupaten Dairi.


“Memang Saya ada juga penawaran ke Simalungun ke Provinsi juga demikian tapi seperti di awal tadi tentunya dengan berbagai pergumulan, tadi sudah saya sebutkan,” katanya.


Meski demikian semua katanya tetap kembali kepada keputusan partai.


“Saya harapkan ke Dairi, tapi semua itu kembali ke partai, kalau perintah partai ke A saya ke A harus tegak lurus. Tergantung perintah DPP semua, kalau diperintah ke A ya saya ke A. Kalau di suruh memilih ya saya ke Dairi,” tandasnya.


Togar Togatorop, ketua tim pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah dari PDI P mengatakan pendaftaran di buka sajak 3 April 2024 lalu dan akan di tutup pada 30 April 2024 mendatang. 


Sampai 25 April 2024, sebanyak 12 orang datang menjemput berkas pendaftaran penjaringan.


Enam diantaranya sudah mendaftar dan mengembalikan berkas penjaringan adalah Jogi Tambunan, Anwar Sani Tarigan, Danjor Nababan, Resoalon Lumban Gaol, Vickner Sinaga dan Junimart Girsang.


Sedangkan 6 yang sudah mengambil berkas penjaringan dan belum datang mendaftar adalah Barita Ricky Tobing, Domian Simanjuntak, Freddy Sinaga, Wahyu Sagala, Dedy Manihar Matondang dan Toni Sihombing.


Terkait siapa yang di usung partai nantinya, menurut Junimart Girsang semuanya keputusan ada di Dewan Pimpinan Pusat PDI P, siapa nantinya yang akan menerima mandat.


Junimart mengaku "tegak lurus" siap menunggu perintah partai meski jika tidak mendapat mandat.


“Tentu harus siap, bahkan ke jurang pun kita ke jurang,” sebut Junimart di tanya jika tidak di beri mandat oleh DPP.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son