Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 06 April 2024, 23:52 WIB
Last Updated 2024-04-07T05:59:53Z
PDI PPemiluPilkadaSiantar

Buka Penjaringan, PDI P Kota Pematangsiantar Siap Usung Pasangan Calon Kepala Daerah

Ketua Bappilu PDI P Kota Pematangsiantar, Imron Togi Siregar. (Foto/Istimewa).

Siantar – nduma.id


Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Pematangsiantar tengah membuka masa penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar 2024.


Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) PDIP Kota Pematangsiantar, Imron Togi Siregar, mengungkapkan bahwa meskipun pendaftaran telah dibuka, belum ada figur yang menunjukkan sinyal akan mendaftar.


"Gambaran Figur yang akan Maju memang sudah ada, tapi belum ada menyatakan diri kepada kita untuk maju di Pilkada Siantar, jadi belum berani menyimpulkan," kata Imron Togi melalui sambungan telepon seluler, Jumat (5/4/2024).


Sejalan dengan itu, melihat dari perolehan kursi anggota DPRD Siantar pada Pemilu 14 Februari 2024 kemarin, PDI P Pematangsiantar bisa mengusung calon walikota tanpa berkoalisi.


PDIP memiliki 7 kursi di DPRD, sehingga PDI P bisa mengajukan calon dengan dukungan partainya sendiri.


"PDI P ada 7 kursi," kata Imron Togi.


Meski demikian, Imron tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan partai lain.


"Untuk saat ini belum ada partai yang berkoalisi, tapi kedepannya bisa saja mungkin terjadi," sambungnya.


Imron menjelaskan pembukaan masa penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota tersebut sesuai instruksi DPP dan rapat koordinasi dengan DPC Kabupaten/Kota yang dipimpin oleh Ketua DPD Sumut Rapidin Simbolon secara virtual pada Senin, 1 April 2024.


PDI Perjuangan secara serentak membuka masa Penjaringan Balon KDH dan Wakil KDH, baik untuk Balon Gubernur/Wakil Gubernur Sumut maupun Balon Bupati/Wakil Bupati serta Balon Walikota/Wakil Walikota se-Sumut.


Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar 2024  juga sesuai dengan hasil keputusan rapat DPC PDI Perjuangan Kota Pematangsiantar  Rabu 3 April 2024.


Dijelaskan penjaringan dilakukan secara terbuka/transparan melalui kantor partai di kabupaten/kota terhadap tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan kader partai yang mempunyai komitmen penuh untuk mengabdi dan mensejahterakan masyarakat Sumut.


“Sesuai mekanisme partai, terkait rekrutmen Balon KDH, ada 3 tahapan, yakni tahap pertama penjaringan dilakukan secara terbuka/transparan melalui DPC di Kabupaten/Kota, sementara untuk Balon Gubernur melalui DPD. Tahap kedua, penjaringan, dan tahap ketiga penetapan/keputusan. Masa penjaringan mulai hari ini Kamis 4 April 2024 sampai dengan 20 Mei 2024, dan selanjutnya dilakukan penyaringan dan penetapan oleh DPP PDIP,” pungkas Imron Togi Siregar.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi