Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Kamis, 18 April 2024, 10:24 WIB
Last Updated 2024-04-18T03:25:19Z
AsuransiBPJS Ketenaga kerjaanMedan

Legislator Sumut Sejahterakan Konstituen Lewat Program Jamsostek

Kakan BPJS Ketenagakerjaan bertemu Anggota DPRD Sumatera Utara Irwan Simamora. (Foto/Istimewa).

Medan - Sumut


Anggota DPRD Sumatera Utara Irwan Simamora SE mengakui salah satu program yang sedang dijalankan untuk meningkatkan kesejahteraan para pendukung dan konstituen yang umumnya merupakan pekerja adalah dengan mendaftar pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.


Pernyataan itu diungkapkan Irwan saat menerima audiensi Wakil Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Dr. Ir. Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng di ruang rapat Fraksi Hanura DPRSU, Rabu, 17 April 2024, selepas mengikuti Rapat Paripurna HUT ke-76 Provinsi Sumut di Gedung Paripurna DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan sebagaimana keterangan tertulis Wakakanwil BPJS Ketenagakerjaan Sanco Simanullang.


Pria yang kembali terpilih pada Pileg 2024 ini menyebutkan pihaknya sangat tertarik menjadikan Program Jamsostek untuk meningkatkan kesejahteraan.


Dikatakan, selain programnya bersifat wajib  yang ditegaskan dalam Undang-undang, juga berbiaya murah dan terjangkau serta merupakan program pemerintah yang telah dinyatakan wajb diikuti dalam Undang Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

 

"Namun saya minta BPJS Ketenagakerjaan juga harus terus meningkatkan pelayanannya, karena acapkali dilapangan masih terjadi kekurangpahaman terkait manfaat program seperti kecelakaan kerja. Pada saat mana bisa diklaim dan mana yang tidak bisa. Hal ini penting agar program ini semakin dipercaya dan semakin luas dan dicintai masyarakat. Harus lebih banyak memberikan penjelasan dan pemahaman lagi," ucap  Irwan

 

Pria yang digadang-gadang balon Bupati Humbahas 2024 ini berujar, agar BPJS Ketenagakerjaan semakin gencar menjalankan sosialisasi dan pemahaman terkait program hingga ke pelosok.


"Sejak tahun lalu, saya sudah melindungi hampir seribuan para konstituen yang memang kebetulan banyak dari kalangan petani,  mereka itu pekerja yang tinggi risiko sosial. Kami berharap kedepan sosialisasi yang lebih masif terkait manfaat," tutur politisi Fraksi Hanura itu.


Hal senada dikatakan Ebenejer Sitorus, S.E., yang juga Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara periode 2019-2024 dari Partai Hanura. 


Ebenejer mengungkapkan Program BPJS ketenagakerjaan sangat besar sekali manfaatnya, termasuk di sektor informal seperti petani, nelayan, pedagang dan lainnya. 


“Sudah banyak masyarakat yang mendaftar BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan dikalangan gereja seperti Jemaat HKI, telah masuk hingga ke jemaat.  Memang masih lebih banyak lagi yang belum faham. Namun, kita berharap kedepan agar sosialisasi ini dilakukan ke daerah seperti di dapil kami di Kisaran sekitarnya. Kami akan undang BPJS Ketenagakerjaan pada saat reses ke daerah nanti," jelasnya.


Sementara itu Wakakanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Dr.Ir. Sanco Simanullang didampingi Kepala Kepesertaan Cabang Medan Boy Lumban Tobing mengajak para anggota DPRD untuk dapat mendukung peningkatan coverage program BPJS Ketenagakerjaan bagi wilayah kerja para anggota DPRD.


Ia mengungkapkan , selama ini Pemerintah Provinsi Sumut dan juga kalangan DPRD mendukung pelaksanaan program jamsostek di Sumatera Utara.


Namun capaian belum mencapai 50 % sehingga perlu strategi untuk meningkatkan cakupan kepesertaan (Coverage) . 


Selama ini Pemprov mendukung Pelaksanaan Program BPJS Ketenagakerjaan. 


Terbukti para pekerja rentan mendapat pembiayaan APBD untuk iuran sektor Pekerja rentan, petani, nelayan, pekerja ekosistem sawit lewat DBH Sawit, para petugas keagamaan dan lainnya. 


"Untuk meningkatkan cakupan yang lebih tinggi kedepan, kita butuh kebijakan dan langkah strategis," katanya.


Penulis : Yustin

Redaktur : Rudi