Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 16 April 2024, 08:06 WIB
Last Updated 2024-04-16T01:53:03Z
KecantikanLifestylePerawatan

Mencerahkan Kulit Lutut dan Siku Yang Gelap

Sikut dan lutut yang hitam. (Foto/Net).

DAIRI – nduma.id


Ketika kita membicarakan tentang merawat kulit, biasanya yang terlintas adalah wajah dan tangan.


Namun, hal ini membuat kita lupa akan perawatan kulit yang terlihat sederhana dan biasa.


Seperti menghindari kulit yang gelap pada sikut dan lutut, sebenarnya sangat penting dalam penampilan kita.


Bagi Anda yang sering mengenakan baju lengan pendek atau tanpa lengan, jangan sampai Lutut dan sikut hitam merusak penampilan Anda.


Ada faktor yang dapat membuat kulit pada siku dan lutut lebih gelap dan kusam, seperti ketebalan kulit, kulit kering, banyaknya lipatan, dan gesekan. 


Ketebalan Kulit

Area siku dan lutut cenderung memiliki kulit yang lebih tebal dibanding area sekitarnya. Seperti dilansir dari laman healthline, semakin tebal lapisan kulit, semakin tebal pula melanin atau yang lebih dikenal sebagai pigmen kulit. Hal inilah yang membuat kulit siku dan lutut tampak lebih kusam.


Kulit Kering

Area siku dan lutut juga biasanya memiliki kelenjar minyak dengan kandungan minyak yang lebih sedikit dari area lainnya. Itulah mengapa lutut dan siku mudah kering.


Lipatan

Siku dan lutut juga merupakan bagian tubuh yang paling banyak lipatan. Di kedua bagian tubuh ini jarang terjadi pengelupasan, sehingga sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk di bagian tersebut.


Gesekan

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, tanpa sadar, kulit dan siku sering mengalami gesekan. Hal ini bisa menyebabkan kulit di dua area tersebut menjadi kering dan menjadi gelap.


Oleh karena itu, nduma.id akan memberikan tips cara mencerahkan dan menutrisi sikut ataupun lutut yang hitam.


Selain menggunakan produk-produk kecantikan yang mungkin menjadi pilihan, nduma.id juga punya tips lain yang lazim untuk diambil ketika Anda memiliki masalah dengan kulit.


Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang efektif untuk membantu mencerahkan dan menutrisi kulit lutut dan sikut yang hitam.


Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa membantu mencerahkan kulit pada sikut dan lutut.


Lidah Buaya

Sebagai pelembab, Lidah Buaya Lidah Buaya, tidak hanya untuk rambut rusak, tetapi juga untuk kulit kering. Anda bisa memotong lidah buaya menjadi dua bagian dan mengoleskan gel yang ada di bagian dalam pada kulit sikut atau lutut. Rutin mengoleskan lidah buaya dapat membantu mengurangi area kulit yang gelap pada kulit.


Minyak Kelapa Dan Minyak Zaitun

Satu yang perlu kamu ketahui, tidak semua minyak dapat dioleskan ke kulit dengan tujuan melembabkan kulit kering.


Hanya beberapa jenis minyak yang memiliki khasiat dapat mencerahkan kulit, contohnya minyak kelapa dan minyak zaitun. 

Setelah mandi, anda bisa mengoleskan secara merata minyak pada daerah yang memiliki warna gelap pada kulit. Ini bisa membantu untuk mencerahkan kulit.


Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai penghilang bau dan penguat rasa masakan, tetapi ternyata berkhasiat juga untuk kesehatan dan kecantikan. Kunyit efektif untuk mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan serta mengurangi kemunculan bintik hitam pada kulit, termasuk siku dan lutut yang gelap. Anda bisa menggunakan bahan ini untuk mencerahkan kulit siku dan lutut Anda.


Kentang

Kandungan catecholase yaitu enzim pencerah kulit dalam kentang dapat membantu mencerahkan siku hitam. Caranya, iris tipis kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian, oleskan di siku atau lutut Anda. Biarkan ekstrak kentang berada di siku selama kurang lebih 20-30 menit sebelum membilasnya. Cara ini bisa dilakukan setiap hari sampai kulit cerah kembali.


Soda Kue

Scrub juga bisa dibuat menggunakan soda kue. Mencampurkan soda kue dengan air, jangan terlalu encer, lalu oleskan pada kulit tangan, siku, maupun kulit kaki termasuk lutut yang hitam. Scrub dari soda kue ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati di kulit tangan maupun kulit wajah.


Perawatan yang menggunakan bahan alami memang memerlukan waktu dan kesabaran, tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba perawatan seperti di atas.


Setiap bahan mempunyai khasiat yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan kulit Anda.


Dengan perawatan yang tepat, kulit tipis yang gelap di sikut dan lutut Anda dapat terlihat lebih halus dan cerah.


Penulis : Rudi

Redaktur : Red