Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Minggu, 12 Mei 2024, 23:50 WIB
Last Updated 2024-05-12T19:00:36Z
DairiKomisi Pemilihan UmumPilkada 2024

Jogi Pas Serahkan 27.307 Syarat Dukungan Daftar Jalur Perseorangan Pilkada Dairi

Penyerahan berkas dokumen syarat dukungan ke KPU Dairi. (Foto/Fajar).

Dairi - nduma.id


Pasangan bakal calon kepala daerah Jogi Tambunan dan Anwar Sani Tarigan resmi menyerahkan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi.


Pasangan dengan Jargon 'Jogi Pas' ini datang di hari terakhir penyerahan. Minggu, 12 Mei 2024 sekira jam 22.00 WIB


Berkas dokumen dukungan di terima langsung Ketua KPU Dairi Ariyanto Tinendung di Kantor KPU Dairi Jalan Pandu Kelurahan Bintang Hulu Kecamatan Sidikalang.


" Berkas sudah kita serahkan. Semuanya dapat diterima dengan baik dan berjalan lancar," kata Sahala Siagian, ketua tim Pemenangan Jogi Pas.


Sesuai capaian ambang batas dari KPU Dairi, syarat dukungan pasangan calon perseorangan Pilkada Kabupaten Dairi sebanyak 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, dengan sebaran minimal 50 persen lebih kecamatan.


"Syarat capaian ambang batas KPU itu 22.722. Tapi kita mencapai 27.307 dengan sebaran sampai 14 kecamatan. Itulah yang kita upload ke Silon (Sistem Informasi Pencalonan.red)," tandas Sahala Siagian.


Setelah itu pihaknya menunggu proses tahapan selanjutnya dari KPU Dairi.


Selain perseorangan, pasangan "Jogi Pas" juga mendaftar ke sejumlah partai politik  yang membuka pendaftaran penjaringan Balon kepala daerah.


"Kami juga sudah melakukan pendaftaran kepada partai yang sudah membuka pendaftaran. Tapi kalau dari partai masih menunggu lama, masih ada beberapa tahapan lagi untuk menerima rekomendasi atau tidak," kata Jogi Tambunan, bakal calon Bupati Dairi.


Karena itu, pasangan ini juga memutuskan mendaftar melalui jalur perseorangan.


Sebagai bentuk serius maju di Pilkada 27 November 2024 nanti.


"Jadi karena kita sangat serius kita persiapkan dari independen dan juga untuk menaikkan tingkat elektabilitas kita kepada masyarakat," ujar Jogi.


Menurutnya dengan mengumpulkan dukungan dari masyarakat secara langsung akan meningkatkan popularitas dan elektabilitas pasangan ini secara nyata.


"Jadi banyak manfaat kenapa kita untuk mengumpulkan dukungan dari masyarakat secara langsung," sebut Jogi Tambunan.


Ketua KPU Dairi Ariyanto Tinendung mengatakan berkas yang di upload di Silon lengkap, selanjutnya pihaknya akan melakukan tahapan selanjutnya.


"Berkas dinyatakan lengkap dan diterima," kata Ariyanto.


Penyerahan Dokumen syarat dukungan oleh pasangan calon perseorangan dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Dairi di buka sejak 8 Mei 2024 lalu dan ditutup hari ini 12 Mei 2024.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son