Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 07 Mei 2024, 22:04 WIB
Last Updated 2024-05-07T15:16:25Z
IndependenKomisi Pemilihan UmumPakpak BharatPilkada

KPU Pakpak Bharat Sosialisasi Tahapan Pilkada

Basra Munte memberikan materi. (Foto/Harapan).

Pakpak Bharat - nduma.id


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Pakpak Bharat sosialisasi persiapan penerimaan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pelaksanaan pilkada bupati dan wakil bupati. Senin, 6 Mei 2024.


Acara yang berlangsung di Balai Diklat, Cikaok, STTU Julu tersebut, merangkul banyak pihak, termasuk pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, unsur pemerintahan, wartawan, dan undangan hadir lainnya.


Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPUD Pakpak Bharat, Basra Munte, menegaskan beberapa poin penting, termasuk mengajak semua pihak untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pelaksanaan dan pengawasan pilkada Pakpak Bharat 2024. 


"Sehingga proses demokratisasi di Pakpak Bharat semakin matang dan semakin dewasa sesuai dengan harapan Undang-undang," kata basra munte.


Basra Munte juga mengimbau bagi masyarakat yang ingin mendaftar dari jalur perseorangan untuk memperhatikan administrasi atau prosedur sebagaimana telah diatur dalam peraturan yang berkaitan dengan calon perseorangan. 


Ini penting untuk memastikan bahwa pendaftaran berjalan dengan lancar dan terhindar dari masalah administrasi di kemudian hari.


Selain itu, penting bagi semua pihak untuk menjaga kondusifitas di daerah. 


Pilkada di Pakpak Bharat harus berjalan damai dan tidak menimbulkan gejolak, terlebih lagi dalam tahapan persiapan penerimaan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati.


"Perlunya menjaga kondusifitas di daerah kita sehingga pilkada yang akan kita laksanakan tidak menimbulkan gejolak. Khususnya tentang tahapan Persiapan Penerimaan Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat," ujar Basra.


Upaya menjaga kondusifitas harus diupayakan bersama-sama, baik itu oleh pihak KPUD, partai politik, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, unsur pemerintahan, maupun masyarakat umum.


Pilkada merupakan ajang penting untuk menentukan pilihan rakyat dan merumuskan kebijakan publik. 


Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik dan kondusif. 


Melalui sosialisasi persiapan penerimaan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pakpak Bharat, diharapkan seluruh pihak dapat mempersiapkan diri dan mendorong terciptanya pilkada yang berkualitas serta mendukung tumbuhnya demokrasi yang matang di Pakpak Bharat.


Penulis : Harapan Manik

Redaktur : Rudi