Demokrat

Demokrat

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 13 Mei 2024, 20:21 WIB
Last Updated 2024-05-14T01:23:55Z
Jalur perseoranganPilkadaSiantar

Maju Pilkada Siantar Lewat Jalur Perseorangan "Hasian" Serahkan 20.805 Dukungan ke KPU

Penyerahan berkas dokumen jalur perseorangan di KPU Pematangsiantar. (Foto/Ari).

SIANTAR - nduma.id


Pasangan bakal calon kepala daerah Hendra Simanjuntak dan Kiswandi resmi menyerahkan dokumen syarat dukungan calon perseorangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar untuk Pilkada 2024. Minggu 12 Mei 2024.


Pasangan dengan jargon ‘Hasian’ ini tiba di KPU Pematangsiantar sekira jam 22.20 WIB bersama simpatisannya membawa 10 box kontainer berkas dukungan.


Kepada wartawan Hendra Simanjuntak menyampaikan niatnya maju dalam Pilkada 2024 karena ia ingin mengayomi.


“Syukuri akan pesta Pilkada. Satu poin penting, yaitu mengayomi masyarakat," kata Hendra Simanjuntak.


Hendra dan tim nya mengaku bekerja keras untuk mendapatkan surat dukungan dari masyarakat.


Sesuai capaian ambang batas dari KPU Pematangsiantar, syarat dukungan pasangan calon perseorangan Pilkada Kota Pematangsiantar sebanyak 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.


Minimal 20.221 dukungan, atau 10 persen dari daftar pemilih tetap Pemilu 2024 sebesar 202.206 jiwa dengan sebaran minimal 50 persen lebih kecamatan.


"Walaupun tahapan sangat singkat. Kami kaget karena hanya diberikan satu minggu melengkapi berkas,” sebut Hendra.


“Proses ini luar biasa. Semoga semesta mendukung (Mestakung). Kami ingin menjadi pengayom di Siantar. Banyak hal yang mau dibangun. Bukan karena kepintaran kami. Kerelaan, kebenaran hati untuk menjadi pelayan bagi masyarakat,” ujar Hendra lagi.


Jika menang nanti, pasangan ini berjanji siap menjadi pelayan masyarakat dan akan menjadikan  Pematangsiantar menjadi kota yang keren.


“Maka kerelaan sangat diperlukan. Untuk itu, Inilah yang menjadi dasar yang kuat bagi kami. Kami sangat merindukan kedepannya Sianțar keren, Sianțar harus keren kedepannya. Dan saya Hendra Simanjuntak dan Kiswandi akan menjadi hasiannya Sianțar karena kami ingin memberikan yang terbaik untuk kota kita ini. Kami datang bukan karena kami banyak uang tetapi karena sesungguhnya pelayan yang rela itu tidak bisa berbicara hanya soal uang, dan kehadiran kami juga bukan karena mau merampok," jelas Hendra Simanjuntak.


"Untuk kota kita ini maka kita harus saling bahu-membahu. Sapangambei manoktok hitei," sebut Hendra Simanjuntak.


Dokumen syarat dukungan itu diterima oleh Ketua KPU Pematangsiantar M. Isman Hutabarat.


Selanjutnya KPU Pematangsiantar akan melakukan ketahapan verifikasi berkas.


"Syarat minimal dukungan itu kan di kota Pematangsiantar untuk perseorangan jumlahnya 20.221 yang kami cek ada 20.805 masih memenuhi dan kami terima berkasnya," kata Isman Hutabarat.


Penyerahan Dokumen syarat dukungan oleh pasangan calon perseorangan dalam penyelenggaraan pemilihan walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar di buka sejak 8 Mei 2024 lalu dan ditutup 12 Mei 2024.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi