Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Jumat, 28 Juni 2024, 20:04 WIB
Last Updated 2024-06-29T13:16:44Z
DairiJurnalisPolisi

Solidaritas Untuk Jurnalis Karo Wartawan Dairi Teriak "Terbakar atau Dibakar" Usut Tuntas

Aksi Solidaritas  Jurnalis Dairi untuk Kematian Wartawan di Karo. (Foto/Irwansyah).

Dairi - nduma.id


Peristiwa terbakarnya rumah wartawan Tribrata TV yang menyebabkan 1 keluarga meninggal dunia di Kabupaten Karo Sumatera Utara masih mengundang pertanyaan. 


Sebagai aksi solidaritas, para wartawan di Kabupaten Dairi Sumatera Utara menggelar demonstrasi mendesak polisi untuk mengusut peristiwa ini secara transparan. Jumat 28 Juni 2024.


Mereka mendesak Polri segera mengusut tuntas dan transparan penyebab kebakaran dan kematian korban, karena di nilai ada kejanggalan.


"Ini aksi spontan, kami rasa ada kejanggalan dengan peristiwa itu," kata Robinson Simbolon, Koordinator Aksi.


Para jurnalis ini tergabung dalam Vorum wartawan Dairi.


Dalam orasinya, Robinson meminta agar Polri mengusut tuntas peristiwa kebakaran rumah seorang rekannya di Kabupaten Karo yang menyebabkan 4 orang meninggal dunia terpanggang.


" Dari facebooknya rekan kita itu memosting berita - berita terkait Narkoba dan Judi di Kabupaten Karo," tandas Robinson.


Aksi solidaritas dari para pekerja media ini dilakukan dengan longmarch menuju Mapolres Dairi sambil membawa spanduk bertuliskan, "Vorum Wartawan Dairi mendesak Polri Usut Tuntas Penyebab kematian dan kebakaran rumah wartawan Sempurna Pasaribu dan keluarganya di Kabanjahe, "Terbakar atau di bakar".


Di Mapolres Dairi, para jurnalis berorasi untuk menyampaikan tuntutan mereka agar Polri segera mengusut tuntas dan terang benderang peristiwa itu.


Selain ke Mapolres Karo, Para pekerja media ini juga menggelar orasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Dairi.


Setelah menyampaikan tuntutannya di 2 lokasi ini. 


Para Jurnalis Kabupaten Dairi membubarkan diri dengan tertib. 


Mereka akan kembali menggelar aksi jika peristiwa meninggalnya rekan mereka dan keluarganya belum terungkap.


Sebelumnya peristiwa kebakaran ini terjadi pada Kamis 27 Juni 2024 pagi dini hari lalu, di Jalan Nabung Surbakti Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo.


Empat orang meninggal merupakan satu keluarga Ayah, isteri, anak dan cucunya.


Masing – masing Sempurna Pasaribu jurnalis Tribrata TV, isterinya Efprida Boru ginting, anaknya Sudiinveseti Pasaribu yang masih berusia 12 tahun dan cucunya Lowi Situngkir usia 3 Tahun.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son