Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 26 Juni 2024, 14:40 WIB
Last Updated 2024-06-26T07:42:03Z
BasarnasKeselamatan Transportasi UdaraMedan

Basarnas dan Airnav Tanda Tangan LOCA Tingkatkan Koordinasi dan Kerjasama Keselamatan Penerbangan di Sumut

Penandatanganan kesepakatan. (Foto/Istimewa).

Medan - nduma.id


Basarnas Medan, Basarnas Nias, dan Air Navigation Indonesia (Airnav) Cabang Medan menandatangani Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) di Hotel Adi Mulia Medan. Rabu 26 Juni 2024.


Penandatanganan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam operasi penyelamatan dan penanganan darurat terkait penerbangan di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.


Kerjasama ini dinilai menjadi langkah strategis untuk memperkuat sinergi antara Basarnas dan Airnav dalam mendukung upaya-upaya SAR dan penanganan keadaan darurat di udara. 


Salah satu manfaat dari kesepakatan ini adalah kedua belah pihak dapat saling mendukung dalam pertukaran informasi, pengelolaan sumber daya, dan pelaksanaan operasional secara efektif.


Foto bersama. (Foto/Istimewa).

Kepala Kantor Basarnas Medan, Mustari, S.E., M.M., berharap LOCA ini dapat meningkatkan responsibilitas bersama dalam situasi darurat, serta memastikan penggunaan sumber daya yang optimal untuk keselamatan masyarakat dan penerbangan di wilayah Sumatera Utara. 


"Dengan LOCA ini, kami berharap dapat meningkatkan responsibilitas bersama dalam situasi darurat, serta memastikan penggunaan sumber daya yang optimal untuk keselamatan masyarakat dan penerbangan di wilayah Sumatera Utara," kata Mustari.


Selain itu, GM Airnav Indonesia Cabang Medan, Wahyu Tirtaji Setyo Priyanto, S. Sos juga menambahkan bahwa kolaborasi yang lebih erat antara Basarnas Medan, Basarnas Nias, dan Airnav Cabang Medan akan memperkuat kemampuan kedua belah pihak dalam menghadapi tantangan di lapangan dengan lebih baik dan memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.


Koordinator Bidang Kerja sama Basarnas Pusat, Setiawan Gerda Yustitia, S. Sos. M.A., mewakili Kepala Biro Hukum dan Kerja sama Basarnas Pusat, mengatakan bahwa LOCA ini hampir ditandatangani oleh seluruh Kantor Basarnas yang tersebar di Indonesia. 


Kedepannya, penandatangan LOCA diharapkan dapat diimplementasikan dengan beberapa kegiatan seperti latihan bersama, pembuatan SOP (Standart Operasional Prosedur) bersama, hingga saling berbagi informasi atau ilmu terkait dengan penyelenggara pelayanan penerbangan Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara.


Kedua belah pihak mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyusun LOCA ini dan berharap dapat melihat hasil konkret dari kerjasama ini dalam waktu dekat. 


Penulis : Rudi

Redaktur : Son