Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 25 Juni 2024, 23:11 WIB
Last Updated 2024-06-26T08:14:29Z
ErupsiKaroSimulasiSinabung

Desa Kuta Gugung Simulasi Kesiapsiagaan Pengurangan Risiko Bencana Erupsi Gunung Sinabung

Tim saat melakukan evakuasi korban. (Foto/Istimewa).

Karo - nduma.id


Pemerintahan Desa Kutagugung Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo menggelar simulasi kesiapsiagaan pengurangan risiko bencana erupsi Gunung Sinabung. 


Kegiatan ini melibatkan unsur 3 Pilar yakni Pemda Karo, Kodim 0205 TK dan Polres Tanah Karo serta juga komunitas masyarakat.


Giat dilaksanakan langsung di Losd Desa Gugung dan Lapangan Kuta Gugung. Selasa 25 Juni 2024.


Kepala Desa Kuta Gugung  terkelin Sembiring menyampaikan tujuan kegiatan untuk mengurangi risiko bencana erupsi Gunung Sinabung dan mengedukasi masyarakat serta meningkatkan kerja sama dalam menghadapi situasi genting saat bencana alam erupsi. 


" Tujuannya untuk mengedukasi masyarakat mengantisipasi tindakan cepat jika terjadinya bencana alam erupsi Gunung Sinabung," kata Kepala Desa Kuta Gugung, Terkelin Sembiring.


Ia berharap agar simulasi ini menjadi proyek percontohan bagi desa-desa lain yang terdampak bencana Gunung Sinabung


Simulasi di rangkai mulai dengan adanya informasi dari Badan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG) mengenai peningkatan status Gunung Sinabung. 


Kemudian menindak lanjuti informasi tersebut, respon cepat dilaksanakan Kepala Desa Kuta Gugung, Terkelin Sembiring, dengan menginstruksikan Tim PRB Desa Kuta Gugung untuk mengumpulkan warga di Losd Desa dan mengevakuasi mereka yang tidak mampu datang sendiri menggunakan tandu. 


Satuan tugas evakuasi yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD, Satpol PP, dan Tim PRB (Pengurangan Resiko Bencana), kemudian gerak cepat membantu mengevakuasi warga yang menolak meninggalkan rumah mereka. 


Tim PRB juga memberikan pelayanan dan konseling kepada warga yang panik akibat peningkatan status gunung. Setelah itu, warga dievakuasi ke tempat aman.


Dalam acara simulasi ini turut dihadiri Forkopimda Karo yakni Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Dandim 0205 TK Letkol Inf. Ahmad Afryan Rangkuti, S. Sos dan PLH. Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan, S.I.K, M.H, yang diwakili Kapolsek Simpang Empat AKP Dedy Syahputra Ginting, S.H, serta Pejabat terkait mulai Kalak BPBD, Kadishub, Kasat Pol PP, Kepala BVMBG Kab. Karo dan Forkopimca setempat, Kades Kutagugung Terkelin Sembiring, serta Forum PRB (Pengurangan Resiko Bencana) Desa Kuta Gugung.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son