Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 15 Juni 2024, 11:50 WIB
Last Updated 2024-06-15T04:50:23Z
DairiPertanianSektor Unggulan

Ikut Arahan Jokowi, Pemkab Dairi Dukung dan Tindak Lanjuti Pengembangan Sektor Unggulan.

Rapat TPID bersama Jokowi. (Foto/Istimewa).

Dairi – nduma.id


Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dihadiri Pj Bupati Surung Charles Lamhot Bantjin dan kepala dinas terkait secara virtual di Ruang Rapat Bupati Dairi. Jumat 14 Juni 2024.


Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya pengendalian harga dan mengantisipasi gejolak harga bahan pokok.


Surung Charles mengikuti arahan Presiden RI Joko Widodo dan siap mendukung serta menindaklanjuti pengembangan sektor unggulan.


Untuk mendorong pengembangan sektor unggulan, Surung Charles menyerukan kepada seluruh OPD dan instansi terkait untuk melakukan inovasi dalam kebijakan, serta mengantisipasi perubahan iklim yang kemungkinan besar akan mengganggu ketersediaan bahan pangan.


“Kita tentu tindaklanjuti, khususnya kepada OPD dan instansi terkaitnya harus tetap melakukan inovasi dalam kebijakannya. Tetap juga kita antisipasi perubahan iklim yang kemungkinan besarnya akan mengganggu ketersediaan bahan pangan,” ucapnya.


Presiden Joko Widodo menekankan bahwa setiap pemerintah daerah harus bisa mengupgrade pertanian menjadi smart system terutama untuk sektor dan komoditi unggulan.


Dalam hal ini, pemerintah daerah dapat melakukan riset buat percontohan dan setelah berhasil, kemudian memberlakukan kebijakannya agar bernilai tambah dan membuka investasi untuk membangun industri pengolahan sehingga nilai tambah dari setiap produksi menjadi berlipat.


Selain itu, Presiden Joko Widodo juga berpesan agar pemerintah daerah membangun sistem distribusi yang terintegrasi serta berkoordinasi dengan pusat dan daerah sehingga mampu menjalankan kebijakan dalam pengendalian harga.


Kewajiban pusat dikerjakan pusat, kewajiban provinsi dikerjakan provinsi, dan kewajiban kabupaten/kota dilaksanakan kabupaten/kota.


“Gausah banyak-banyak, satu saja yang menjadi unggulan, lakukan riset buat percontohan, setelah berhasil kemudian replikasi. Dan juga undang investasi untuk membangun industri pengolahan sehingga nilai tambah dari setiap produksi kita menjadi berlipat,” ucap Presiden Joko Widodo.


Dalam mengantisipasi kenaikan harga dan kendala distribusi barang, Surung Charles menghimbau kepada seluruh tim yang tergabung dalam TPID untuk aktif dan lebih peka terhadap setiap gejala kenaikan harga atau ada kendala distribusi barang.


Hal ini penting dilakukan agar situasi dan kenyamanan masyarakat dapat terjaga.


Dalam perspektif pengembangan sektor unggulan, pemerintah daerah memiliki peran penting untuk melakukan kebijakan yang mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.


Dengan sinergi antara pusat dan daerah, pengendalian harga bahan pokok dapat terwujud dan sektor unggulan mampu berkembang dengan baik.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son