Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Sabtu, 15 Juni 2024, 20:16 WIB
Last Updated 2024-06-16T01:27:54Z
Pentas SeniSekolah Luar BiasaSianțarSyukuran

Keceriaan di Acara Pensi dan Syukuran SLB C Santa Lusia Pematangsiantar

Pelepasan balon ke udara di acara syukuran 31 tahun SLB C Santa Lusia Pematangsiantar. (Foto/Istimewa).

Siantar - nduma.id


Pentas Seni (PenSi) Siswa dan syukuran 31 tahun Sekolah Luar Biasa (SLB) C Santa Lusia Pematangsiantar berlangsung ceria, di Jalan Parapat Kelurahan Simarimbun, Kecamatan Siantar Marimbun. Sabtu 15 Juni 2024. 


Disambut marching band oleh siswa-siswi SLB-C Santa Lusia Pematangsiantar yang mengenakan pakaian adat, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dan rombongan tampak senyum sumringah menghadiri acara.



Di awal sambutannya, dr Susanti mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan tersebut.


"Kegiatan ini momentum kepada para siswa/siswi dalam menggali potensinya. Dengan terus diberi semangat, maka siswa-siswi yang spesial ini dapat semakin percaya diri dan bisa lebih hidup mandiri," sebut dr Susanti.  


dr Susanti melanjutkan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar selalu mendukung kegiatan anak-anak berkebutuhan khusus. 


Salah satunya dengan Program Kota Layak Anak yang dimotori Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A).


Sejumlah tahapan, katanya, telah dilaksanakan sejak tahun lalu. 


"Program Kota Layak Anak ini juga berkaitan dengan sejumlah instansi terkait. Sehingga hal-hal yang bersentuhan kepada kaum disabilitas dapat terpenuhi. Misalnya membangun trotoar yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas," sebut dr Susanti.


Selain itu, lanjut dr Susanti, Pemko Pematangsianțar telah mempersiapkan tempat permainan anak di lapangan merdeka (Taman Bunga). 


Ada 7 permainan yang disediakan untuk anak-anak secara gratis. 


Selain itu, ada ruangan untuk konseling psikolog anak. 


Dengan harapan kota layak anak dapat diwujudkan.


Terkait kegiatan Pentas Seni Siswa, katanya, akan membangun karakter anak-anak, terkhusus anak-anak spesial.


dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada SLB-C Santa Lusia Pematangsiantar yang telah memberikan bukti nyata dalam membangun karakter anak. 


Pemerintah, kata dr Susanti, tidak bisa bekerja sendiri. 


Sehingga perlu bekerjasama dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait.


Pemko Pematangsiantar siap mendukung seluruh kegiatan atau program yang sebesar-besarnya untuk membangun karakter anak.


"Sekali lagi terima kasih kepada Ibu Ketua Yayasan SLB-C Santa Lusia dan seluruh tenaga pendidik. Terkhusus kepada orang tua anak-anak kami yang telah setia, berdedikasi, dan tulus ikhlas mendampingi sehingga anak-anak memiliki kemampuan dan percaya diri di tengah-tengah masyarakat," tukas dr Susanti.


Selanjutnya, dr Susanti bersama Ketua Yayasan Santa Lusia Elisa Simanjuntak KSFL, Pastor Paroki Kota Pematangsiantar Marianus Kedang, Kacabdis Wilayah VI Sumatera Utara Drs R Zuhri Bintang, dan Kepala SLB-C Santa Lusia Suster Sisilia Situmorang KSFL memotong kue dan melepaskan balon dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 SLB-C Santa Lusia.


Wali Kota juga turut memberikan sekuntum bunga kepada siswa SLB-C Santa Lusia.


Sebelumnya, Ketua Panitia Tiurmaida Manalu dalam laporannya menyampaikan panitia bersyukur karena pentas seni dapat terlaksana dengan baik.


Di peringatan usia ke 31 tahun, sambungnya, SLB-C Santa Lusia menampilkan penampilan anak-anak penyandang disabilitas, yang sudah dilatih selama beberapa bulan. 


"Penampilan pentas seni siswa berupa tarian atau tortor, fashion show, pantomim, dan drama musikal.


Turut hadir pada acara ini, Kepala Dinas Sosial P3A Kota Pematangsiantar Pardomuan Nasution SS MSP dan orang tua siswa-siswi. 


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi