Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 19 Juni 2024, 20:28 WIB
Last Updated 2024-06-19T13:28:50Z
Badan Penanggulangan Bencana DaerahBasarnasHanyutSianțar

Korban Hanyut Belum Ditemukan Pemko Pematangsiantar Janji Beri Bantuan Jangka Panjang

Tim SAR Gabungan bertemu keluarga Korban.

Sianțar - nduma.id


Pencarian korban hanyut di Sungai Bah Bolon Pematangsiantar memasuki hari ke 7 dan besok akan hari terakhir pencarian. 


Tim SAR Gabungan terus melakukan upaya untuk menemukan korban.


Namun masih belum membuahkan hasil.


Usai melakukan pencarian dan rapat evaluasi dikantor BPBD Pematangsiantar.


Tim SAR Gabungan bergerak dari kantor BPBD Pematangsiantar menuju kediaman keluarga korban pukul 17:30 WIB, Jalan Diponegoro Gg. Kopral, Kelurahan Teladan Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar. Rabu 19 Juni 2024.


Sesampainya dirumah korban, Tim disambut Camat Siantar Barat dan Lurah Teladan yang sudah tiba terlebih dahulu dirumah korban.


Lalu mengajak tim gabungan masuk kerumahnya korban.


Keluarga korban menerima kedatangan dengan baik.


Koordinator Pos SAR Parapat, Hisar Turnip dan Agustina BL. Sihombing, S.Sos, MSi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pematangsiantar juga Marison Hutagalung selaku koordinator Tagana Pematangsiantar beserta rombongan Tim Gabungan memasuki kediaman korban.


Hisar Turnip, menyampaikan bahwa upaya sudah dilakukan dalam pencarian korban dan besok menjadi hari terakhir pencarian.


Dijelaskan Hisar tentang medan pencarian beserta tahapan yang dilakukan kepada keluarga korban.


"Besok hari pencarian terakhir, tetapi pemantauan masih terus dilakukan dan itu memang Standar Operasional Prosedur (SOP)," terang Hisar kepada pihak keluarga korban.


Agustina BL. Sihombing juga menerangkan kehadiran Pemko Pematangsiantar dan pihak terkait dalam upaya pencarian korban.


"Segala upaya yang terbaik sudah dilakukan setiap hari dan ini adalah bentuk kehadiran dan kepedulian pemko Pematangsiantar terhadap keluarga korban, dan besok hari terakhir pencarian dilakukan tetapi pemantauan akan terus dilakukan," jelas Agustina.


Marison Hutagalung koordinator Tagana yang hadir mewakili Kepala Dinas Sosial Pematangsiantar, menyampaikan kepada keluarga korban bahwa Pemko Pematangsiantar melalui Dinas Sosial akan membantu keluarga korban dalam bentuk jangka panjang.


"Disampaikan Bapak Kadis Sosial melalui kehadiran saya. Pemko Pematangsiantar akan membantu keluarga korban dalam bentuk jangka panjang. Terkait korban belum ditemukan mohon bersabar segala upaya terbaik telah digunakan," kata Marison dihadapan keluarga korban.


Camat Siantar Barat, Herwan Manihuruk sambut pernyataan Marison dengan mempermudah kesiapan berkas-berkas keperluan bantuan jangka panjang tersebut.


Dikatakan Camat itu, agar pihak keluarga segera melakukan komunikasi dengan Suyatno selaku Lurah Teladan.


"Kepada pihak keluarga nanti ngurus surat atau Berkas-berkas terkait syarat bantuan jangka panjang kita bantu prosesnya supaya lebih mudah, bisa juga komunikasi dengan Pak Lurah terlebih dahulu" kata Herwan Manihuruk.


Diakhir, keluarga korban ucapkan terimakasih kepada Pemko Pematangsiantar yang sudah berupaya dalam pencarian dan hadir langsung di kediamannya.


"Semua pertolongan bapak ibu sangat bermanfaat bagi kami," kata ayah bocah korban perempuan yang sudah ditemukan dan sudah dimakamkan.


Senada disampaikan ayah bocah laki-laki korban hanyut yang belum ditemukan.


"Terimakasih yang sebesar-besarnya, saya paham betul segala upaya yang telah dilakukan pihak pemerintah dalam hal ini, semoga Allah SWT Allah membalas kebaikan bapak ibu semuanya," kata  Ayah bocah korban laki-laki yang belum ditemukan.


Dari hasil amatan awak media, usai melakukan pertemuan dengan pihak keluarga korban, Tim gabungan beserta rombongan melihat TKP atau titik jatuh korban yang terletak disekitar rumah keluarga korban.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi