Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Selasa, 11 Juni 2024, 15:37 WIB
Last Updated 2024-06-12T08:40:02Z
DairiKesehatanStunting

Pj Bupati Dairi Canangkan Gerakan Intervensi Pencegahan Stunting

Pencanangan gerakan intervensi Stunting. (Foto/Istimewa).

Dairi - nduma.id


Pemerintah Kabupaten Dairi melakukan pencanangan gerakan intervensi serentak pencegahan stunting, di Balai Desa Pangaribuan, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. Senin 10 Juni 2024. 


Acara dipimpin oleh Pj Bupati Dairi, Surung Charles Bantjin, bersama Forkopimda dan seluruh stakeholder. 


Kegiatan serupa juga dilakukan secara serentak di seluruh Wilayah Sumatera Utara yang dipusatkan di Kabupaten Langkat.


Pj Bupati Dairi, Surung Charles Bantjin, mengunjungi kegiatan penimbangan bayi, pengukuran dan intervensi serentak di Desa Pangaribuan, Desa Sungai Raya, dan Desa Lae Nuaha, Kecamatan Siempat Nempu Hulu. 


Dalam proses pencanangan ini, diharapkan intervensi serentak seperti hari ini dapat berjalan baik tidak hanya di Kecamatan Sinehu, namun secara menyeluruh di Kabupaten Dairi.


"Sebagaimana target yang disampaikan bapak Pj Gubsu untuk mencapai satu digit, hari ini kita pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi, verifikasi, dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, balita, dan calon pengantin," ujarnya saat meninjau kegiatan di Posyandu.


Pj Bupati Dairi menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Dairi selama ini, termasuk mengambil peran menurunkan angka stunting di Sumatera Utara hingga mencapai satu digit. 


Dalam harapannya, kolaborasi dari Forkopimda, OPD hingga ke pemerintahan desa dapat menghasilkan yang lebih baik.


Target dari gerakan intervensi pencegahan stunting ini adalah menurunkan prevalensi stunting menjadi lebih baik. 


Bagi Kabupaten Dairi, target sendiri dari sekitar 28 persen, semoga bisa turun 4 persen, terlebih dengan strategi yang digawangi Pemkab Dairi bersama pimpinan perangkat daerah lain.


Hadir dalam kegiatan ini, unsur Forkopimda, Kajari Okto Rikardo, mewakili Kapolres, Kapolsek Tigalingga Yan Ujung, mewakili Dandim Kasdim 0206, Jimmi Barus, Pj Sekda, Jonny Hutasoit, para kepala OPD, Camat Sinehu, Koko Angkat dan para kepala desa Kecamatan Sinehu. Semoga gerakan intervensi serentak pencegahan stunting dapat berjalan lancar dan tercapai targetnya untuk menurunkan angka stunting di Indonesia.


Penulis : Rudi

Redaktur : Son