Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Rabu, 03 Juli 2024, 20:03 WIB
Last Updated 2024-07-03T13:03:08Z
Bank IndonesiaEkonomiSiantar

Kota Pematangsiantar Juara I NSI NICe 2024

Pemko Siantar berfoto menerima penghargaan secara simbolis. (Foto/Istimewa),

SIANTAR - nduma.id


Kota Pematangsiantar meraih Juara I North Sumatera Invest (NSI) Investment Challenge (NICe) 2024.


Kegiatan NICe 2024 merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Bank Indonesia (BI).


Pemerintah Provinsi Sumut dan BI bersinergi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Sumut dalam North Sumatera Invest (NSI) sebagai upaya mendorong kinerja investasi di Sumut.


Salah satu kegiatan NSI adalah NICe 2024 untuk dapat menjaring proyek investasi strategis di Sumut yang siap dipromosikan secara luas.


NICe merupakan penjajakan proyek investasi strategis kabupaten/kota di Sumut pada periode Februari-Juni 2024.


Kegiatan ini diikuti oleh kabupaten/kota se-Sumut dengan mengajukan usulan proyek dari daerahnya masing-masing.


Mulai pengajuan Dokumen Studi Pendahuluan, Tahap 15 Besar, Tahap 5 Besar, hingga penentuan juara yang diadakan di Hotel Santika Dyandra Medan. Selasa 2 Juli 2024.


Review terhadap Dokumen Studi Pendahuluan yang diusulkan kabupaten/kota dilakukan Tim NSI Bersama Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian PPN/Bappenas, dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).


Kegiatan ini merupakan penilaian akhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan NICe 2024, yang dibuka Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut Dr H Faisal Aris Nasution SSos MSi dan Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sumut Yura A Djalins.


Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar di bawah kepemimpinan Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA menawarkan peluang investasi Pengembangan Layanan Unggulan Jantung dan Stroke pada RSUD dr Djasamen Saragih, di ajang NICe 2024.


Hasil penilaian akhir, Kota Pematangsiantar meraih Juara I. Sedangkan Juara II Kabupaten Karo dengan peluang investasi Pembangunan TPST dan TPA, Juara III Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan peluang investasi Pembangunan Objek Wisata Seribu Goa, Juara IV Kota Gunungsitoli dengan peluang investasi Kawasan Wisata Muara Indah, dan Juara V Kabupaten Toba dengan peluang investasi Agrowisata Lumbanjulu.


Usulan proyek tersebut selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh kabupaten/kota pemenang untuk konsultasi publik, penajaman data dan analisa sampai menjadi proyek yang siap untuk ditawarkan kepada investor.


Tanda penghargaan untuk Kota Pematangsiantar sebagai Juara I diterima Kepala DPMPTSP Sofie M Saragih SSTP MSi.


Turut hadir, Kepada Bappeda Kota Pematangsiantar Dedy Idris Harahap STP MSi dan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih dr Aulia Sukri Sambas MKM


Sebelumnya, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut hangat  kunjungan Delegasi Konsul Jenderal dan Konsulat Kehormatan sejumlah negara dalam rangka Site Visit Proyek Investasi Strategis, di Gedung Serbaguna Pemko Pematangsianțar. Selasa 25 Juni 2024 siang.


Para tamu kehormatan disambut dengan tarian Tortor Simalungun dan diberikan Hiou oleh dr Susanti Dewayani.


Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sumut Arief S Trinugroho menyematkan topi PON kepada dr Susanti yang tujuannya untuk menggaungkan dan mensukseskan PON XXI Aceh-Sumut September mendatang.


Apalagi Kota Pematangsiantar merupakan tuan rumah PON untuk cabang olahraga tinju.


Konsulat Jenderal (Konjen) dan Konsulat Kehormatan yang hadir yakni, Konjen Amerika Serikat Mr Bernard C Uadan, Konjen China Ms Li Hongwei, Konjen Malaysia Mr Shahril Nizam Bin Abdul Malek, Konjen Singapura dr Edmund Chia, Konjen Jepang Mr Takonai Susumu, Konsulat Kehormatan Thailand Martono Anggusti, Konsulat Kehormatan Belanda Ony Hindra Kusuma, Konsulat Kehormatan Jerman Daniel Adiaksa Darmadi, dan KJRI Penang Wanton Saragih.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi