Halim Lumban Batu

Halim Lumban Batu

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala

Pemko Siantar

Pemko Siantar
Senin, 08 Juli 2024, 19:07 WIB
Last Updated 2024-07-10T02:09:45Z
JokowiSeminar NasionalSiantar

Susanti Hadiri Seminar Nasional Serta Penyerahan LHP LKPPTA 2023

Walikota Siantar foto di acara seminar nasional. (Foto/Istimewa).

Siantar - nduma.id


Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Seminar Nasional serta Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun Anggaran (TA) 2023 dan Ikhtisar Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II TA 2023, di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. Senin 8 Juli 2024.


Kegiatan dibuka langsung oleh Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi)  dan dihadiri Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, pimpinan lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, kepala daerah, Sekretariat Jenderal Kementerian/Lembaga, BUMN, dan Sekretariat Daerah.


Menteri Pertahanan yang juga Presiden terpilih 2024 - 2029 Prabowo Subianto hadir sebagai keynote speaker dalam seminar nasional tersebut.


Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada BPK RI yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalisme dan fungsi pemeriksaan.


Jokowi menegaskan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukan prestasi tapi WTP adalah kewajiban kita semua.


"Kewajiban menggunakan APBN secara baik. Ini uang rakyat, uang negara," sebut Jokowi.


Jokowi menegaskan penggunaan uang negara yang mengalir di pemerintah pusat hingga daerah pasti akan diaudit.


Ia meminta pertanggungjawaban harus dilakukan secara baik.


"Kita harus merasa, setiap tahun, ini pasti diaudit. Pasti diperiksa. Jadi sekali lagi, kewajiban menggunakan APBN dan APBN secara baik. Dan juga kewajiban menjalankan APBN dan APBD secara baik. Serta kewajiban mempertanggungjawabkannya secara baik pula," tutup Jokowi.


Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sendiri, di bawah kepemimpinan Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA telah mendapat tiga kali Opini WTP, terhitung TA 2021, 2022, dan 2023.


Penulis : Ari

Redaktur : Rudi