Alfri

Alfri

Halim

Wanseptember

Wanseptember
Rabu, 06 November 2024, 06:29 WIB
Last Updated 2024-11-05T23:29:08Z
Dinas SosialPelayanan PublikTOBA

Dinas Sosial Toba Gelar Forum Konsultasi Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Pelaksanaan Kegiatan Forum Konsultasi Publik Dinas Sosial Kabupaten Toba. (Foto/Istimewa).

TOBA-nduma.id


Dinas Sosial Toba serap aspirasi masyarakat melalui forum konsultasi publik.


Kegiatan itu dilaksanakan untuk memperoleh pemahaman yang sama dan secara bersama-sama mencari solusi antara penyelenggara pelayanan dan masyarakat terkait penerapan, dampak, dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan.


Dihadiri sejumlah OPD acara digelar di gedung pertemuan Kantor Praeses Distrik XI Toba Hasundutan, Jalan Raja Paindoan, Balige, Selasa 5 November 2024.


Dalam laporan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba, Lalo Hartono Simanjuntak berharap konsultasi publik  diharapkan dapat memperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik. 


Pjs Bupati Toba Agustinus Panjaitan yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Toba, Eston Sihotang menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan Konsultasi Publik tersebut. 


Eston menyampaikan guna meningkatkan peran serta masyarakat dan stake holder dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, diperlukan peran serta penyelenggara pelayanan publik dan masyarakat selaku pengguna atau penerima layanan, sebagai upaya membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel. 


Ia juga mengatakan bahwa Forum konsultasi publik merupakan sarana dialog dan diskusi pertukaran opini antara penyelenggara pelayanan publik dengan masyarakat selaku pengguna layanan serta para pemangku kepentingan. 


Hal ini juga bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam perumusan implementasi kebijakan, dampak kebijakan, evaluasi atas implementasi kebijakan, permasalahan dan implementasinya dalam rangka transparansi dan efektivitas untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. 


"Melalui Forum Konsultasi Publik ini, diharapkan para peserta dapat memberikan sumbangsih pemikiran, saran dan masukan untuk Dinas Sosial" ujar Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Toba, Eston Sihotang. 


Turut hadir mengisi acara, para Camat, Lurah dan Kepala Desa, lembaga masyarakat seperti Pimpinan PK. Hephata HKBP Laguboti, Pimpinan Rumah Harapan Tobasa, Ketua dan Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Toba, Sekolah Tinggi Diakones HKBP Balige, GAMKI Cabang Toba.


Juga hadir Fasilitator SLRT Toba, SMK Negeri 1 Balige, SMK Negeri 2 Balige, SMK Negeri 3 Balige, SMA Swasta Bintang Timur Balige, SMP Negeri 1 Balige, SMP Negeri 2 Balige, SMP Negeri 2 Silaen, SMP Negeri 1 Siantar Narumonda, penyandang disabilitas dan Tagana Kabupaten Toba. 


Sebagai nara sumber  beberapa pejabat Kabupaten Toba seperti Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setdakab Toba Sarman Marbun, Kadis Kesehatan dr.Freddi Seventry Sibarani , Kadis Sosial Lalo Hartono Simanjuntak, dan Lamhot Sitorus mewakili Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. 


Akhir kegiatan disepakati berita acara  untuk ditindaklanjuti hasil forum konsultasi publik sektor pelayanan sosial  yaitu adanya beberapa usulan rekomendasi diantaranya perlunya rumah sakit rujukan menyediakan informasi ketersediaan kamar bagi pasien yang mendapatkan rujukan di rumah sakit  di luar Kabupaten Toba serta perlunya perbaikan cara penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). 


Penulis : James Sirait

Redaktur : Rudi