DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Sabtu, 30 Januari 2021, 14:03 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:56Z
Lifestyle

Tanpa Disadari Ucapan Ini Dapat Melukai Harga Diri Wanita

Soal perasaan wanita memang dikenal lebih sensitif daripada pria. Wanita akan lebih tanggap dalam mencerna perkataan atau perbuatan yang dilakukan orang lain pada dirinya. Maka tak jarang wanita dapat tersinggung bahkan dengan ucapan yang dianggap sebagian orang hal sepele. berikut sejumlah ucapan yang patut  dihindari jika berhadapan dengan wanita.


 



1. “Kamu gemukan ya?” atau “Kamu kok makin kurus sih!”


Pernyataan tentang bentuk tubuh memang hal yang paling sensitif bagi wanita. Entah kamu memang merasa wanita tersebut memang semakin gemuk atau kurus, lebih baik tidak perlu diucapkan karena perkataanmu itu termasuk body shaming. Hal itu membuat mereka akan merasa insecure dan bisa berujung pada diet atau menambah berat badan dengan cara tidak sehat.


 

2. “Iya, wanita kan emang selalu benar!”


Kata-kata guyonan “wanita selalu benar” mungkin memang terdengar lucu dan mewakilkan perasaa pria. Tapi jangan ucapkan itu tatkala ketika sedang bertengkar dengan pasanganmu, itu hanya semakin melukai perasaannya. Ia hanya akan merasa setiap keluhan yang dia sampaikan kepadamu tidak kamu tanggapi dan menganggap kamu memang tidak merasa bersalah sama sekali dengan menyindir ia dengan kata-kata itu. Manusia memang memiliki sisi egois masing-masing, namun kembali lagi wanita lebih memiliki perasaan yang sensitif, jadi para pria mungkin bisa memaklumi itu.


 3. “Gak perlu sekolah tinggi-tinggi, toh ujungnya di dapur sama ngurus anak.”


Di negara Indonesia, diskriminasi terhadap perempuan masih sering ditemukan. Padahal untuk berpendidikan setinggi-tingginya tidak ada batasan baik untuk perempuan ataupun laki-laki. Justru jika wanita bertekad untuk berintelektual artinya ia membuat keputusan untuk menjadi lebih maju, sehingga bisa mengangkat derajatnya dan tidak mudah diremehkan. Meskipun kelak wanita tersebut menikah, bukankah penting memiliki wawasan yang luas sehingga bisa lebih pintar dalam menjalani rumah tangga entah itu dalam bentuk keuangan, mengajari buah hatinya, atau mungkin berkreasi dalam mengolah masakan.


4. “Jangan jual mahal, di luar sana banyak yang lebih daripada kamu.”


Pernyataan yang paling menyakitkan selanjutnya adalah yang berikut ini. Sebenarnya tidak ada yang salah bagi wanita yang memilih dan mempertimbangkan yang terbaik dalam hidupnya. Wanita tidak cepat menerima seseorang bukan karena ia merasa terlalu cantik atau spesial, namun ia sedang dalam proses untuk menentukan siapa yang dapat menerima segala kekurangan dan kelebihannya. Wanita juga manusia yang berhak menentukan apa pun yang terbaik bagi hidupnya dan itu bukan urusanmu untuk mengomentari setiap keputusan hidupnya.


 Penulis: Augesti Geovani