DPM

DPM

Polres

Polres

Balon Golkar

Balon Golkar
Redaksi
Sabtu, 30 Januari 2021, 14:07 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:56Z
Lifestyle

5 Ciri Capek Menunjukkan Capek Secara Mental Bukan Fisik

Kesehatan secara fisik memang penting dijaga, tapi jangan lupa kesehatan psikis juga menjadi faktor penting dalam hidup. Jadi walupun secara fisik kamu baik-baik saja,  tapi mentalmu sedang tidak sehat, maka kamu akan merasa terus kelelahan. Banyak orang tidak meyadari bahwa ia bukan lelah secara fisik tapi leah secara mental.




Kenali tanda-tanda kamu mengalami kelelahan mental agar kamu bisa segera menanganinya dan tidak berujung fatal.


 


Masih Merasa Lelah Meski Telah Tidur Panjang


Meski telah tidur 8 jam sesuai dengan anjuran tidur sehat, namun ketika bangun kamu masih merasa kelelahan dan mengantuk, bahkan merasa sangat pusing. Itu artinya kamu hanya mengistirahatkan tubuhmu bukan mentalmu.


Mendadak Gampang Tersinggung Dan Tiba-Tiba Sedih Tanpa Alasan


Perubahan emosi yang biasanya kamu orang ceria tiba-tiba menjadi murung, gampang tersinggung dengan hal-hal sepele dan marah untuk hal yang tidak jelas, atau tiba-tiba menangis tapi tidak tahu penyebabnya apa. Kelelahan secara psikis dapat menyebabkan kamu mengalami mood swing yang luar biasa drastis.


Pura-Pura Bahagia dan Seolah Tidak Terjadi Apa-Apa


Berusaha baik-baik saja, di kondisi ini kamu bukan cuma membohongi orang lain tapi juga diri sendiri. Ketika kamumenutupi apa yang kamu rasakan kepada orang lain malah membuat mentalmu jadi semakin lelah. Karena dengan begitu orang-orang tidak akan tahu bagaimana keadaanmu sebenarnya dan bisa saja mereka melakukan hal-hal yang membuat kamu semakin lelah. Dengan bersikap terbuka mungkin orang lain bisa membantu atau setidak tidak menambah beban hatimu.


Insomnia


Semakin resah mentalmu semakin sulit matamu untuk terpejam. Bahkan tetap tidak bisa tertidur meski kamu sudah merasa sangat lelah dan mengantuk. Artinya kamu memang kurang sehat secara mental sehingga fisikmu tidak mau menuruti keinginanmu.


Hanya Ingin Sendiri


Di tahap ini yang paling berbahaya dan harus segera diatasi. Dengan kamu memilih menyendiri membuat kamu berusaha jauh dari orang-orang sekitar. Namun hal ini bukan solusi yang tepat. Saat kamu sendirian membuat kamu berpikiran yang tidak-tidak . Gejala kasus bunuh diri banyak berawal dari sini, kondisi yang sepi dapat memicu perbuatan nekat.


Penulis: Augesti Geovani