Demokrat

Demokrat

Domian

Domian

Wahyu Sagala

Wahyu Sagala
Redaksi
Sabtu, 27 Februari 2021, 15:50 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:38Z
Kesehatan

Trend Kesehatan Mentimun Rebus, Ini Khasiatnya

Ilustrasi Mentimun Rebus


Selain cocok dijadikan lalapan saat makan atau ampuh sebagai masker wajah, Timun memiliki nutrisi yang tinggi serta senyawa antioksidan yang ampuh untuk mengobati dan mencegah berbagai penyakit.



Selain itu, timun juga rendah kalori sekaligus mengandung banyak air juga serat sehingga sangat ideal untuk menghidrasi dan menurunkan berat badan.



Namun dewasa kini sedang trend untuk kesehatan dengan memanfaatkan timun yang direbus loh. Memang jarang sekali ada yang mengonsumsi mentimun rebus, karena seringnya dikonsumsi secara langsung. Namun tahukah anda manfaat timun rebus bagi tubuh yang mungkin belum sobat ketahui sebelumnya.



1.    Melawan Sel Kanker


Mentimun memiliki kandungan seperti lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol lignan dan cucurbitacun. Ketiga kandungan tersebut dipercaya mampu melawan berbagai jenis kanker, yaitu payudara, rahim, dan ovarium.


Bahkan salah satu kandungan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.



2.    Menurunkan Hipertensi


Bagi penderita hipertensi, biasanya dalam tubuh terdapat kadar sodium yang terlalu tinggi. Kondisi ini dapat distabilkan oleh mentimun.


Tingginya kadar sodium membuat kadar air dalam tubuh menjadi tidak seimbang, sehingga memicu meningkatnya tekanan darah. Tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Namun, tidak semua orang dapat mendapatkan asupan yang cukup setiap harinya.



3.    Melindungi Kesehatan Tulang


Mentimun menjadi sumber vitamin K yang baik, satu cangkir air rebusan timun mengandung 22 % dari asupan harian yang disarankan.


Vitamin K sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupannya yang rendah telah dikaitkan dengan risiko tinggi patah tulang. Selain itu, vitamin ini juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang.



4.    Menurunkan Berat Badan


Mentimun adalah jenis buah yang tinggi kandungan airnya dan rendah kalori. Oleh karena itu, mentimun baik dikonsumsi untuk Moms yang sedang melakukan diet. Minumlah dua gelas air rebusan timun pada siang dan malam hari sebelum tidur. tetapi disarankan menambah yogurt yang rendah lemak agar bisa melancarkan pencernaan.



Nah, itu dia manfaat dari mentimun yang bisa dilakukan sobat untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba!



Penulis : Augesti Giovani