SMSI

SMSI
Redaksi
Senin, 15 Maret 2021, 15:58 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:29Z

Cara Paling Aman Mengeluarkan Kotoran Telinga

Buat kaum awam tentu jika membersihkan telinga biasanya menggunakan cotton bud, karena selain ampuh membersihkan telinga juga memiliki sensasi geli dan enak. Namun mulai sekarang hentikan kebiasaan memasukkan cotton bud, lidi yang dilapisi kapas, klip kertas, atau pun jepit rambut ke dalam telinga, sebagai cara membersihkan telinga. Hal tersebut justru berisiko merusak saluran atau gendang telinga. Selain itu, alih-alih berhasil dikeluarkan, kotoran telinga justru dapat berisiko makin mengendap di saluran telinga.

Beberapa yang sudah mengetahui bahaya penggunaan cotton bud pada telinga, kini menggunakan ear candle atau lilin pada telinga. Namun ini juga tidak benar ya sobat. Beberapa artikel kesehatan menyebutkan, ear candle dapat menyebabkan kotoran telinga masuk lebih dalam dan menimbulkan cedera, baik di dalam telinga maupun di luar.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga yang paling tepat?

Kotoran telinga sebenarnya berfungsi untuk pertahanan alami bagi telinga. Kotoran telinga dapat melindungi, membersihkan, dan melumasi lubang telinga. Selain itu, kotoran telinga juga dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan menjebak kotoran di dalam telinga.

Namun, jika sudah terlalu banyak atau menumpuk, kotoran telinga ini dapat menyumbat dan membuat pendengaran terganggu. Jika anda ingin membersihkan kotoran telinga, hati-hati untuk tidak membuat kotoran justru semakin masuk ke dalam telinga.

Jika kotoran telinga anda sudah mengeras, anda bisa melakukan beberapa cara yang dapat membuat kotoran menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Anda dapat menggunakan obat tetes telinga untuk melonggarkan penumpukan kotoran telinga, sehingga lebih mudah dihilangkan. Selain obat tetes telinga, anda juga bisa menggunakan beberapa bahan untuk membersihkan telinga lain seperti baby oil, minyak mineral, gliserin atau hydrogen peroksida. Lakukan cara ini berulang kali. Biasanya, kotoran telinga anda akan melunak dalam waktu 48 jam.

Setelah kotoran telinga melunak, bersihkan bagian luar telinga dengan tisu atau handuk lembut.

Apabila masih merasa tidak nyaman setelah membersihkan telinga sendiri di rumah, atau ragu melakukan prosedur ini sendiri, anda dapat membersihkan telinga dengan bantuan dokter. Selain itu, anda juga wajib ke dokter apabila ada tanda-tanda infeksi telinga seperti sakit di sekitar telinga, ada cairan mengalir dari telinga, dan susah mendengar.


Penulis : Augesti Giovani