PM

PM

Rimso

Rimso
Redaksi
Rabu, 17 Maret 2021, 11:51 WIB
Last Updated 2021-12-21T16:06:28Z
Kesehatan

Lakukan Vaksinasi Di Saat Puasa, Bolehkah?

Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadan akan kembali datang. Artinya, semua umat Muslim di seluruh dunia bersiap untuk menjalankan ibadah wajib puasa. Sayangnya, kali ini adalah Ramadan kedua yang dijalani dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. 

Meski begitu, kabar baiknya adalah sekarang vaksin telah digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Memang tidak memberikan perlindungan sempurna, tetapi setidaknya mampu membantu melindungi orang lain yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena alasan khusus dari paparan virus mematikan tersebut. 

Bolehkah Vaksin saat Sedang Puasa?

Memang benar ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika hendak melakukan vaksinasi, terkhusus vaksin corona. Pertama, kamu harus berada dalam kondisi sehat, belum pernah dinyatakan positif terserang COVID-19, tidak memiliki penyakit penyerta, dan telah terdaftar sebagai penerima vaksin di Indonesia.

Nah, pemberian vaksin gratis kepada seluruh warga Indonesia memang masih terus berlanjut. Lalu, bagaimana dengan vaksinasi saat puasa mengingat tak lebih dari satu bulan lagi umat Muslim menyambut Ramadan? Bolehkah vaksin tetap diberikan meski sedang puasa? 

Ternyata, Hasanuddin AF selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan bahwa vaksin yang diberikan saat sedang berpuasa tidak akan membatalkan ibadah puasa yang sedang dijalankan. Menurutnya, hal yang membatalkan puasa itu, seperti makan dan minum yang masuk melalui lubang tubuh secara sengaja ke dalam perut, mendapatkan haid dan nifas bagi perempuan, juga berhubungan intim bagi pasangan.

Hasanuddin menyatakan bahwa vaksin dilakukan secara tertutup alias bukan melalui lubang tubuh yang terbuka. Jadi, menurutnya, vaksin tidak membatalkan puasa. Meski begitu, Hasanuddin juga mengatakan bahwa MUI belum memiliki rencana untuk membuat fatwa khusus tentang vaksinasi saat berpuasa.


Disarankan Tidak Lama dari Sahur atau Berbuka

Lalu, adakah waktu terbaik untuk vaksinasi saat sedang berpuasa? Sebenarnya, vaksinasi saat puasa tidak memiliki hubungan khusus. Pun belum ada studi yang membahas tentang keterkaitan antara dua hal tersebut, setidaknya begitulah anggapan dari Ketua Komnas KIPI sekaligus anggota ITAGI, Profesor Hindra Irawan Satari. 

Meski begitu, ia menyarankan agar vaksin dilakukan tidak jauh dari setelah makan sahur atau berbuka. Bukan tanpa alasan, pemberian vaksin pada waktu tersebut bertujuan untuk membuat perut lebih nyaman atau tidak sedang berada dalam kondisi yang sepenuhnya kosong. Makanan akan bertahan di dalam perut selama sekitar 3 jam sehingga vaksinasi disarankan dilakukan antara pukul 07.00 atau 08.00 pagi atau setelah waktu buka puasa.


Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Pemerintah melalui Menteri Kesehatan menargetkan pemberian vaksin kepada seluruh warga Indonesia akan rampung setidaknya di bulan Maret tahun 2022 mendatang. Namun, tetap harus diingat, protokol kesehatan tetap harus dilakukan, meski vaksin telah didapatkan. Pasalnya, tidak ada jaminan bahwa kamu tidak akan terinfeksi virus corona setelah vaksin. 

Setelah diberikan, vaksin tetap membutuhkan waktu untuk bisa menciptakan kekebalan di dalam tubuh. Perlu setidaknya 28 hari setelah waktu vaksinasi untuk terbentuk antibodi dalam tubuh sehingga pada rentang waktu tersebut dan seterusnya, kamu tetap perlu menerapkan protokol kesehatan 5M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan tak kalah pentingnya, memakai masker. Terlebih dengan efikasi atau tingkat perlindungan vaksin corona yang digunakan di Indonesia yang hanya mencapai 65 persen. 

Jadi, bolehkah vaksinasi dilakukan saat berpuasa? Tetap boleh dilakukan karena tidak bersifat membatalkan puasa. Namun, kalau kamu masih ragu, sebaiknya kamu tanyakan saja pada yang lebih ahli dan memahami agama lebih baik. Caranya, cukup download saja aplikasi Cari Ustadz, dan kamu bisa langsung bertanya jawab pada Ustadz seputar agama Islam.


Sumber : Bolehkah Lakukan Vaksinasi saat Berpuasa?